S1 Sastra Inggris
- Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan perkuliahan, seminar, dan pelatihan dalam bidang bahasa dan sastra Inggris;
- Melakukan kegiatan penelitian di bidang bahasa dan sastra Inggris, serta menghubungkannya dengan kajian sastra dan budaya Islam.
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan merespons permasalahan yang terjadi dalam bidang bahasa dan sastra Inggris.
Capaian Pembelajaran Lulusan
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologiyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuanteknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah; dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya salam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing,kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yangditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Mampu menggunakan bahasa asing (Arab/Inggris) secara lisan dan tulis untuk keperluan akademik.
- Mampu menggunakan bahasa Indonesia secara lisan dan tulis untukkeperluan akademik dan umum.
- Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris lisan dan tulis dalam berbagai konteks situasi.
- Mampu menyunting berbagai jenis naskah sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku.
- Menganalisis karya sastra Inggris secara instrinsik dan ekstrinsik.
- Menghasilkan wacana tulis dan lisan tentang karya sastra Inggris.
- Mampu menerjemahkan karya berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.
- Mampu melakukan penelitian kesusastraan dan kebahasaan secara mandiri.
- Memanfaatkan ICT untuk penelitian kesusasteran dan kebahasaan secara efektif.
- Memanfaatkan teori dan kajian linguistik dalam bidang-bidang keilmuan lain.
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memilikinasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.ll
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan,serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadapmasyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Memahami teori-teori kesusasteraan secara komprehensif
- Menguasai teori-teori dan pendekatan dalam ilmu linguistik dan cabang-cabangnya secara komprehensif.
- Memahami perkembangan karya dan genre sastra Inggris dari satu periode keperiode yang lain.
- Menguasai berbagai macam pendekatan dalam kajian sastra Inggris.
- Memahami teori-teori budaya yang berkaitan dengan kajian sastra dan linguistikbahasa Inggris.
- Menguasai metodologi dan prinsip-prinsip penelitian umum dan sastra
- Menguasai teori-teori penyuntingan naskah popular dan nonpopular.
- Menguasai teori-teori ragam komposisi Bahasa Inggris.
- Memahami perkembangan sastra Inggris dari penulis Muslim Laki danperempuan dari berbagai negera.
- Menguasai teori-teori dan konsep-konsep penerjemahan secara komprehensif.
Matakuliah Persemester
Semester 1
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | General Literature | 4 |
2 | Inferential Reading | 3 |
3 | Comprehensive Listening | 3 |
4 | Bahasa Indonesia | 3 |
5 | Pancasila dan Kewarganegaraan | 3 |
6 | Studi Islam | 4 |
Semester 2
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | Informative Speaking | 3 |
2 | Critical Reading | 4 |
3 | Critical Listening | 4 |
4 | Advanced Grammar | 4 |
5 | Islam dan Ilmu Pengetahuan | 3 |
6 | Praktikum Qiraah dan Ibadah | 2 |
Semester 3
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | Essay Writing | 4 |
2 | Masyarakat Muslim Indonesia | 3 |
3 | General Linguistics | 4 |
4 | Literary Criticism | 3 |
5 | Poetry | 3 |
6 | Prose | 3 |
Semester 4
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | English Phonology | 3 |
2 | Academic Writing | 3 |
3 | Critical Approaches | 3 |
4 | Global Muslim Literature | 3 |
5 | ICT Literacy | 3 |
6 | English Morphology and Syntax | 3 |
Semester 5
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | Women's Literature of The Ummah | 4 |
2 | Translation Theories | 4 |
3 | Creative Writing | 3 |
4 | Bahasa Arab | 3 |
5 | Drama* | 3 |
6 | Introduction to Cinema* | 3 |
7 | Islamic Literary Criticism* | 3 |
8 | English Semantics | 3 |
Semester 6
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | Research Methodology | 4 |
2 | Informative Text Translation | 4 |
3 | Postcolonial Studies | 4 |
4 | Culture Studies | 3 |
5 | Pragmatics* | 3 |
6 | Discouse Analysis* | 3 |
7 | Semiotics* | 3 |
Semester 7
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | Research Proposal Writing | 3 |
2 | Literary Translation | 3 |
3 | Contemporary Literature | 3 |
4 | Sociolinguistics | 3 |
5 | Editing Theories and Practices | 3 |
6 | Machine Translation* | 3 |
7 | TEFL* | 3 |
8 | Persuasive Public Speaking* | 3 |
Semester 8
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | Skripsi | 6 |
2 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 |
Prestasi Akademik
-
Kessya YulizarJuara 6 Debat Bahasa Inggris OASE 2023
-
Hashifah SyakirahPertukaran Mahasiswa ke SUNY Buffalo State University, Amerika Serikat
-
Aurora Nurhidayah Rifani"COVID-19 and Online Fundraising: Seeing the Pandemic on Social Media"
-
Maidhotul Kaifa Novikasandra"Feminism in Enola Holmes Film: A Semiotic Lens
-
Ghea Regita Budiantari, Nihayatun Ni'mah, Muhammad Rizky Farezi"My body is not mine": Woman Oppression Portrayed in Layla Al-Ammar's The Pact We Made"
-
Renidia Audinia Siva"Unraveling Milk and Honey: Women's Voice, Patriarchy, and Sexuality"
-
Muhammad Raihansyah Putratama"Prison and Freedom in Nadia Hasimi's A House Without Windows"
-
Hendrio Putra Julian, Hilman Syauqiy Fauza Al Hakim, Muhammad Guntur Wiralaksana"Patriarchal Ideology, Andrew Tate, and Rumble's Podcasts"
-
Syafrilla Kurniasi"Masculinity in the Character of Sally and Jo in the Film Misbehaviour"
-
Farhan Razzak Oktalianza, Novian Halim Pratama"Illocutionary Acts of Thomas Brag on Yes Tehory Channel on Youtube"
-
Diva Rizkia Nuralisa, Tinezia Putri Khairana, Annisa Nir Chaliza, Azahra Dea Adrian, Adinda Angel Aulia D.P."Migration Experiences of a Young Arab Muslim Woman in the West from a Contemporary Young Adult Literature"
-
Yulya Era Pratiwi, Qotrunnada Salsabila, Siti Uswatun Khasanah"The Beauty Commodification on Instagram Community Accounf of University Student in Indonesia"
-
Tsaniah Yaumil Rohmah, Rahma Diva Lestari, Fatimah Azzahra"Identity Construction of the New Face of Social Justice Warrior on Indonesia Twitter Users"
Prestasi Non Akademik
-
Fatimah Az Zahra
Peserta KKN Kebangsaan
Juara 1 Best Project Idea Youth Climate Action Camp (YCAC) 2022
-
M. Rafly RyunandaJuara 1 Syah Nurjati Futsal Championship antar PTKIN se jawa-bali
-
M. Guntur Wiralaksana
Juara 1 Short Story Writing Competition di HUDEC's Online National English Competition "Halloween Bash 6.0", Universitas Jendral Sudirman
Juara 1 Short Story Writing Competition, PEC Universitas Padjadjaran
-
Dita Putri NabilaJuara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris 'Gebyar Nawawi', 2023
-
Suci Jumiati IslamiJuara 1 Duta Genre Putri Kota Depok, 2022
-
Syauqi Musyaffa MasnuJuara 1 Lomba Kaligrafi Universitas Jambi, 2020
-
Azahra Syifa Mulyana
Menerbitkan cerita pendek "Hujan" dan "Among Us(Di Antara Kita), Airiz Publishing 2020
Juara 3 Festival Menulis Ellunar 2022 Kategoti Novel
-
Haliza AzzahraJuara 2 Lomba Hand Lettering Universitas Negeri Jakarta 2020
Kriteria Penerimaan
Sebagai bagian dari UIN Jakarta, FAH menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui sistem penerimaan universitas untuk program sarjana dan pascasarjana. Dalam sistem penerimaan ini, FAH memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh calon mahasiswa di Indonesia dan luar negeri untuk menjadi mahasiswa FAH. Calon siswa berasal dari pesantren, MA, SMA, dan SMK. FAH, dalam hal ini, UIN Jakarta, menyeleksi seluruh calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik.
Berikut ini adalah beberapa penerimaan untuk siswa lokal FAH:
- Seleksi Nasional (SNMPTN), diselenggarakan oleh LTMPT Kemendikbud, yang menyeleksi mahasiswa berdasarkan transkrip akademik dan prestasi mahasiswa.
- Perekrutan Berbasis Kinerja (SPAN-PTKIN), diselenggarakan oleh Kemenag, yang menyeleksi mahasiswa berdasarkan transkrip akademik dan prestasi mahasiswa.
- Rekrutmen Antar Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang diselenggarakan oleh Pusat Manajemen Pengujian Pendidikan Kementerian Riset dan Teknologi yang menerapkan Tes Berbasis Komputer (UTBK).
- Ujian Penerimaan Perguruan Tinggi Islam Negeri (UM-PTKIN) yang diselenggarakan oleh Kemenag menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE).
- Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) yang diselenggarakan oleh SMM PTN-BARAT yang menerapkan Tes Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
- Rekrutmen Lokal (SPMB-Mandiri), diselenggarakan oleh UIN Jakarta, yang memanfaatkan Electronic Selection System (SSE).
UIN Jakarta menawarkan enam program untuk penerimaan sarjana:
- Reguler: Program ini terbuka untuk semua calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan minimum. Siswa harus mendaftar dan mengikuti ujian masuk UIN Jakarta
- Prestasi: Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi non-akademik di bidang olahraga, seni, qari’ah/qari’ah, tahfidz al-Qur’an/Qira’atul Kutub. Siswa harus menyerahkan transkrip akademik dan dokumentasi prestasi mereka.
- Talent Scouting (Kerjasama Sekolah): Program ini terbatas pada sekolah-sekolah yang telah mengajukan dan menjalin kerjasama dengan UIN Jakarta. Proses seleksi didasarkan pada prestasi akademik siswa di sekolah masing-masing.
- Kesetaraan Kesempatan Belajar: Program ini didasarkan pada nilai akademik rapor untuk calon siswa yang berasal dari daerah yang diklasifikasikan sebagai daerah terbelakang, perbatasan, dan terluar, serta minoritas.
- Beasiswa BLU: Program ini untuk penerima beasiswa BLU UIN Jakarta di 4 Program Studi yang ditentukan dan kerjasama beasiswa dengan institusi lain.
- Mahasiswa Internasional: Program ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa internasional melalui ingkata bilateral antara pemerintah Indonesia dengan negara lain, atau melalui program ingkata non-bilateral. Kandidat akan mengikuti ujian tertulis yang diadakan di Kampus UIN Jakarta.
Berikut link penerimaan mahasiswa baru SPMB UIN Jakarta
Setiap tahunnya, jumlah mahasiswa yang berminat belajar di FAH cenderung meningkat. Sebagaimana disebutkan pada poin 1, panitia UIN Jakarta secara langsung mengkoordinasikan pendaftaran masing-masing program studi daripada membukanya secara mandiri. Dalam proses seleksi calon mahasiswa, UIN Jakarta tidak melakukan diskriminasi terhadap suku, agama, ras, atau latar belakang calon mahasiswa. Meskipun mayoritas mahasiswa UIN Jakarta beragama Islam, ada juga mahasiswa non-Muslim yang belajar di UIN Jakarta, termasuk FAH.
Calon mahasiswa dari seluruh Indonesia mengikuti seleksi masuk tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan ingka, atau ingkat kemampuan ekonomi. Proses seleksi mempunyai prinsip-prinsip yang adil, transparan, tidak diskriminatif, kredibel, efisien, dan akuntabel. Prinsip-prinsip ini diwujudkan dalam beberapa cara—pertama, keadilan. Seleksi penerimaan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh calon mahasiswa untuk memilih program studi sesuai minat dan bakatnya. Proses seleksi juga menggunakan sistem penilaian yang obyektif dan terstandarisasi untuk menilai hasil tes. Kedua, transparan. Seleksi penerimaan memberikan informasi yang lengkap dan tepat tentang persyaratan, prosedur pendaftaran, jadwal kegiatan, biaya pendaftaran, pilihan program studi, prosedur pengumuman, dan mekanisme penyelesaian sengketa. Informasi ini dapat diakses melalui situs resminya. Ketiga, tidak diskriminatif. Seleksi penerimaan tidak membatasi pendaftaran berdasarkan asal sekolah, latar belakang ingkatan, atau prestasi akademik sebelumnya. Proses seleksi juga menyediakan fasilitas unik bagi peserta berkebutuhan khusus, seperti mereka yang mengalami gangguan penglihatan, pendengaran, atau bicara. Keempat, kredibel: seleksi penerimaan menggunakan CBT dengan sistem keamanan dan pengawasan ketat. Proses seleksi juga bekerja sama dengan lembaga independen untuk melakukan audit mutu dan evaluasi pelaksanaan ujian. Kelima, efisien. Seleksi penerimaan mengoptimalkan teknologi informasi untuk menyederhanakan proses pendaftaran, pembayaran, penyerahan kartu peserta tes, pelaksanaan ujian, pengolahan data hasil tes, dan pengumuman kelulusan. Keenam, akuntabel: seleksi penerimaan bertanggung jawab untuk melaksanakan ujian di bawah standar kualitas dan etika pengadaan. Proses seleksi juga menyediakan mekanisme penyelesaian protes bagi peserta yang merasa dirugikan atau tidak puas dengan hasil ujian.
Mahasiswa baru wajib mengikuti program induksi yang disebut PBAK di ingkat universitas, fakultas, dan program studi; memperkenalkan kehidupan kampus serta budaya akademik dan mahasiswa. Program induksi 30 jam terdiri dari informasi tentang fakultas, program studi, dan dosen. Program tambahan juga mencakup kode etik students, dan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan di mana setiap anggota masyarakat, terlepas dari suku, etnis, agama, dan pilihan politik harus bersedia untuk menghormati satu sama lain, dan belajar untuk melatih diri dalam mengelola dan mengatasi perbedaan di antara mereka.
SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN KONSISTENSI PENERIMAAN
Nilai kelulusan untuk masuk program studi di FAH ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor nomor 434 tahun 2022. Siswa harus lulus atau skor kompetensi di atas batas yang ditentukan dalam bidang-bidang berikut: Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Potensi Akademik, Matematika, dan Ilmu Sosial. Tabel berikut menunjukkan sebaran kompetensi masing-masing program studi di FAH.
Table. 2.4.1. Distribusi Kompetensi dalam Penerimaan
Tabel 2.4.1. Distribusi Kompetensi dalam Penerimaan menampilkan skor distribusi kompetensi yang digunakan dalam proses penerimaan untuk setiap program studi dalam FAH. Setiap program mengevaluasi pelamar di enam bidang: RE, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Potensi Akademik, Matematika, dan Ilmu Sosial, dengan skor total 100 poin. Semua program mengalokasikan 20 poin untuk RE dan masing-masing 15 poin untuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Potensi Akademik. Perbedaan muncul dalam Matematika dan Ilmu Sosial; misalnya, IHCi mengalokasikan 20 poin untuk Matematika dan 15 untuk Ilmu Sosial, sedangkan EL menekankan bahasa Inggris dengan 30 poin tetapi hanya mengalokasikan 10 poin untuk Matematika. Distribusi ini mencerminkan penekanan spesifik yang diberikan setiap program pada kompetensi tertentu berdasarkan fokus akademisnya.
Tabel berikut menunjukkan jumlah pelamar, mahasiswa yang diterima, dan selektivitas untuk setiap program studi di FAH:
Table. 2.4.2 Tingkat Penerimaan Mahasiswa Baru FAH Tahun 2022
Tabel 2.4.2 Angka Penerimaan Mahasiswa Baru FAH Tahun 2022 memberikan gambaran jumlah pelamar, mahasiswa yang diterima, dan rasio penerimaan setiap program studi dalam FAH tahun 2022. Program ALL menerima jumlah pelamar tertinggi dengan 3.898, menerima 140 siswa, sehingga menghasilkan rasio kompetitif 1:28. Program IHCi diikuti dengan 2.006 pelamar dan jumlah siswa yang diterima sama, sehingga menghasilkan rasio 1:14. Program LS memiliki 1.539 pelamar dengan rasio 1:11, sedangkan EL menerima 1.815 pelamar dengan rasio 1:13. Program TRA memiliki 296 pelamar dan menerima 105 siswa, sehingga menghasilkan rasio 1:3. Program IHCu memiliki pelamar paling sedikit, yaitu 48 orang, dan menerima 14 siswa, sehingga rasio penerimaannya 1:4. Rasio-rasio ini mencerminkan selektivitas dan permintaan untuk setiap program, dengan ALL menjadi yang paling kompetitif.
Hasil Pembelajaran
Pengajaran
Pembelajaran dan Penilaian
Tingkat Kelulusan, Peluang Belajar
Informasi Pekerjaan Lulusan