Jawab Tantangan Zaman, Prodi BSA Adakan Pelatihan Digital Marketing
Jawab Tantangan Zaman, Prodi BSA Adakan Pelatihan Digital Marketing
Pelatihan Digital Marketing BSA

 

FAH NEWS – 08/06/23 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta mengadakan pelatihan Digital Marketing bagi mahasiswa aktif prodi BSA. Acara yang berlangsung pada hari Kamis, 08 Juni 2023 dihadiri oleh lebih dari 100 peserta baik secara offline maupun online melalui platform Zoom dan YouTube FAH UIN Jakarta.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk membuka wawasan dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam bidang pemasaran di era digital yang semakin berkembang pesat. Digital marketing menjadi tren baru yang wajib dikuasai oleh generasi masa kini, termasuk juga untuk kajian produk sastra. Hal ini dikarenakan digital marketing menyediakan berbagai strategi pemasaran dan promosi inovatif guna meningkatkan kinerja penjualan. Kemampuan dalam digital marketing diharapkan dapat membantu bisnis dan organisasi bertahan dalam era yang serba cepat dan kompetitif saat ini.

 

Foto Bersama dari kanan ke kiri paling depan: Dr. Minatur Rokhim, MA (Kaprodi BSA), Farhan Muzafar (Moderator/Mahasiswa BSA), Hadi Akram Amrullah (Narasumber) dan Dr. Ade Abdul Hak, M.Hum. (Dekan FAH)

 

Acara pelatihan Digital Marketing yang diadakan oleh BSA tersebut dihadiri oleh Dr. Minatur Rokhim, MA selaku Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dan menghadirkan narasumber utama, Hadi Akram Amrullah. Pria yang merupakan Chief Marketing Officer dari Bunayya.co.id. Hadi membawakan materi mengenai strategi pemasaran digital dan bagaimana memasarkan produk atau merek menggunakan media digital internet. Pemaparan materi tersebut bertujuan untuk memperluas jangkauan target pelanggan secara efisien dan efektif. Dalam pelatihan tersebut Hadi Akrom Amrullah tidak sendiri, ia ditemani oleh Farhan Muzaffar mahasiswa BSA selaku moderator pada acara tersebut. Mina selaku kaprodi menuturkan bahwa pelatihan digital marketing ini dirasa penting karena sebagai upaya untuk meningkatkan promosi bisnis prodinya juga, lantaran di era digital ini kemampuan marketing harus diperkaya dengan inovasi dan kreativitas agar tidak tergerus oleh zaman dan kompetitor.

 

Pelatihan ini juga diawali dengan sambutan dari Dekan FAH, Dr. Ade Abdul Hak, M.Hum., yang menjelaskan pentingnya mengikuti perkembangan dunia industri 4.0 dalam bidang pemasaran. Ade mengungkapkan bahwa perubahan yang sering terjadi menuntut para mahasiswa untuk memperoleh pemahaman yang baik tentang dunia Bahasa Arab agar dapat dipasarkan secara efektif. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa pelatihan digital marketing ini penting untuk disosialisasikan di kalangan mahasiswa, dengan harapan mereka dapat menggali potensi pemasaran Bahasa Arab dan menerapkan strategi yang tepat. “Pelatihan seperti ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa kita. Mengingat dengan pesatnya perkembangan dunia digital, kita sebagai pegiat humaniora juga dituntut untuk bisa memasarkan produk yang dihasilkan oleh para lulusan fakultas. Dalam hal ini termasuk juga peluang untuk mempromosikan Bahasa Arab di kalangan umum.” ujar Dekan FAH tersebut.

 

Hadi Akrom Amrullah Chief Marketing Officer dari Bunayya.co.id

 

"Saya alumni Fakultas Syariah tapi Saya bekerja di bagian digital marketing. Kalau Saya bisa, Kalian pasti bisa," ungkap Hadi Akram Amrullah di akhir pemaparan materinya, untuk memberikan semangat kepada mahasiswa BSA.

 

Pelatihan Digital Marketing di FAH UIN Jakarta ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan wawasan baru bagi mahasiswa BSA. Dengan pemahaman yang baik mengenai strategi pemasaran digital, diharapkan para mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu tersebut dalam pengembangan karier mereka di masa depan.

 

Kontributor: Abdullah Tsalis
Editor: AY