S1 Ilmu Perpustakaan
- Menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu perpustakaan dan informasi secara kreatif dan inovatif dalam pengembangan keilmuan, keislaman dan keindonesiaan.
- Menyelenggarakan penelitian bidang ilmu perpustakaan dan informasi untuk pengembangan keilmuan, transformasi sosial, dan peningkatan daya saing bangsa.
- Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang proaktif terhadap kebutuhan masyarakat dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi.
- Menyelenggarakan Kerjasama dibidang ilmu perpustakan dan informasi dan tata kelola program studi dalam kultur organisasi yang profesional, akuntabel dan transparan.
Capaian Pembelajaran Lulusan
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Mampu membuat perencanaan dalam meningkatkan layanan perpustakaan, lembaga arsip, dan lembaga informasi lain berdasarkan analisis kebutuhan pengguna.
- Mampu mengelola sumber-sumber informasi dengan menggunakan metode pengelolaan sumber informasi berdasarkan analisis fungsi perpustakaan, arsip, dan lembaga informasi lainnya.
- Mampu mengembangkan sistem informasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan menggunakan teknologi informasi perpustakaan, arsip dan lembaga informasi lain berdasarkan analisis kebutuhan pengguna.
- Mampu mengelola perpustakaan, lembaga arsip sebagai lembaga informasi berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan lembaga informasi.
- Mampu menerapkan dan mengembangkan keahlian Personal Skill lintas fungsi, audiens, dan budaya.
- Mampu melakukan kajian teoritis dan terapan bidang kepustakawanan, arsip, dan sumber informasi lain yang menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode ilmiah.
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap keislaman
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Menguasai konsep teoritis, metode, dan aplikasi dalam pengembangan layanan perpustakaan, arsip, dan informasi.
- Menguasai konsep teoritis dalam pengelolaan sumber-sumber informasi yang mencakup analisis kebutuhan, kebijakan pengembangan koleksi, pengadaan dan seleksi, pengatalogan, e-resources, dan preservasi.
- Menguasai konsep teoritis dan teknik dalam penggunaan dan pengembangan sistem informasi perpustakaan, arsip, dan lembaga informasi lain berbasis TIK
- Menguasai konsep teoritis, metode, dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) pada perpustakaan, arsip dan lembaga informasi lainnya
- Menguasai kaidah, prinsip-prinsip dalam personal skill lintas fungsi, audiens, dan budaya
- Menguasai minimal satu metode penelitian pada lingkup kuantitatif dan kualitatif
Matakuliah Persemester
Semester 1
Semester 2
Semester 3
Semester 4
Semester 5
Semester 6
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | PKL | 2 |
2 | Manajemen Lembaga Arsip | 3 |
3 | Manajemen Informasi | 3 |
4 | Etika Profesi | 2 |
5 | Sistem Otomasi Kearsipan | 3 |
6 | Manajemen Museum | 4 |
7 | Administrasi Arsip | 3 |
Semester 7
No | Matakuliah | SKS |
---|---|---|
1 | Layanan Rujukan Islam | 3 |
2 | Jasa Informasi | 2 |
3 | Seminar Proposal | 3 |
4 | Literatur Anak dan Remaja | 2 |
5 | Manajemen Rekod | 3 |
Prestasi Akademik
-
Hilya MaylaffayzaDelegasi Student Mobility 2023 ke Malaysia
-
Sakina Hanimada SyarifudinJuara 2 Essay Kopma Fatawa Competition
-
Fitri HidayantiPenulis terbaik dalam event menulis puisi
Prestasi Non Akademik
-
Ahmad FarhanPresenter terbaik pada kegiatan Bibliobattle dan Pengembangan Minat Baca Perpustakaan Kemenag RI
-
Alda Fuadiyah AhmadJuara Harapan 3 Lomba Ghina Araby Tingkat Nasional Lembaga ITHLA
-
Gilang Musfi AmrullahJuara 2 Pemuda Pelopor Pendidikan
-
Okta Ayu Meliya WidantiJuara 3 Grand Final Bibliobattle
-
MaililahAbsolute Winner Peserta Grup Angklung pada World Cup of Folklore, Jesolo, Italy
-
Annisa Damar AnandhiJuara Harapan 1 Peserta TIM Lomba Brass Band Contest BMBC (Bandung Marching Band Competition) 2019
-
Indra Saputra DamanikJuara 1 TIM Futsal UIN, dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) IX, di UIN Maliki Malang, 19 Juli 2019
-
Ibnu HazmiJuara 1 Piala Kedutaan Arab 2019
-
Nabilah SumayyahJuara 2 Kontes Yosakoi Jabodetabek 2018
-
Fakhri Najmuddin HalimJuara 2 Kontes Yosakoi Jabodetabek 2018
-
Fiona AlifaBest Speaker in Speech Competition Al-Azhar English Academy, Pare. Januari, 2018
-
Ika Mauliya1. Juara 2 Lomba Menggambar tingkat Nasional dalam rangka Memperingati Tahun Baru 2022.
2. Juara 3 Lomba Kaligrafi tingkat Nasional dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. -
Raden Nafia Az Zahra1. Duta Kampus "Diceritain" Terbaik Batch 1 Wakil Duta Kampus UIN Jakarta
2. Juara Favorite Lomba Solo Vocal Tingkat Internasional dalam Acara "Quarantine Art" (2020), Universiti Teknologi Malaysia -
Novie Nurhayati1. Juara 2 Kejuaraan Piala Kapolri 2019
2. Juara 2 Lari Atletik 100m Use UIN Jakarta 2019 -
Maharani Aulia Agustin1. Kompetensi Debat Nasional GEMPITA (Agustus 2019)
2. Lomba Cerpen Nasional "Event Hunter Indonesia" Periode Januari 2019 -
Muh. Iqbal Khairussani1. Kejuaraan Pencak Silat PPS Paku Bumi Open VI 2019 Tingkat Asia dan Eropa
2. Kejuaraan Tapak Suci IPB Open 2018 Antar Perguruan Tinggi
3. Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) VIII -
Zakaria Achmad1. Penang Bridge International Marathon 2019
2. Kaskus Kudus Half Marathon 2017
3. Milo Jakarta International 10K 2016 -
Aufah Zahra Ziyadah1. Juara 3 Kata Bergu Putri Porprov V Banten (Seleksi Pra Pon)Pelatih Senior KATA di Inkai Teluknaga 2019
2. Juara 1 Kata Perorangan Putri Porkab V Tangerang
3. Juara 1 Kata Bergu Putri Porkab V Tangerang -
Widorini Putri Hapsari1. Juara 4 Indonesia Drum Corps Championship
2. Peraih Medali Emas (Juara 1) Juara Kejuaraan Nasional Drum Band Senior Satuan Kecil
3. Juara 4 Indonesian Drum Corps Championship 2019
4. Pekan Olahraga Daerah XIII Jawa Barat -
Hilya Maylaffayza1. Juara 2 Lomba Karya Tulis Al-Qur'an (MTQ XX Banten)
2. Juara 1 (Peraih Medali Emas) dalam Olimpiade Sosiologi tingkat Nasional, dalam BIMAGE COMPETITION OASE EDUKASI (Olimpiade Akademik Seantero Indonesia)
3. Juara 3 (Peraih Medali Perunggu) Olimpiade Bahasa Inggris tingkat Nasional, dalam BIMAGE COMPETITION OASE EDUKASI (Olimpiade Akademik Seantero Indonesia)
4. Best Essay dalam Kegiatan Pertukaran Mahasiswa ke Seoul, Korea
5. Juara 2 Lomba Essay tingkat Nasional dalam Workshop Scholarship, dalam Indonesian Youth Opportunities in International Networking (IYOIN) -
Nungky Syintia Febriarini1. Juara 3 Kreatory Short Story Telling National Competition Tingkat Nasional Umum, 25 Juli - 26 Agustus 2019, diadakan oleh lembaga kepenulisan, Kreatory.co
2. Juara 2 Lomba Menulis Cerita Pendek dari lembaga Bukanmotivator.com, tingkat Nasional Umum, 12-19 Juli 2019.
3. Juara 3 Lomba Cipta Puisi Komunitas Relawan Sejati Indonesia diadakan pada tanggal 15-30 Januari 2019 di tingkat Nasional Umum.
4. Terpilih sebagai Duta Pemuda pada Pemilihan Duta Pemuda Indonesia tingkat Kota Tangerang, dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan Kota
5. Juara 2 National Writing Festival Kategori Puisi Pendidikan dari The Platinum Skills
6. Juara 1 Lomba Menulis Cerpen
Kriteria Penerimaan
Sebagai bagian dari UIN Jakarta, FAH menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui sistem penerimaan universitas untuk program sarjana dan pascasarjana. Dalam sistem penerimaan ini, FAH memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh calon mahasiswa di Indonesia dan luar negeri untuk menjadi mahasiswa FAH. Calon siswa berasal dari pesantren, MA, SMA, dan SMK. FAH, dalam hal ini, UIN Jakarta, menyeleksi seluruh calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik.
Berikut ini adalah beberapa penerimaan untuk siswa lokal FAH:
- Seleksi Nasional (SNMPTN), diselenggarakan oleh LTMPT Kemendikbud, yang menyeleksi mahasiswa berdasarkan transkrip akademik dan prestasi mahasiswa.
- Perekrutan Berbasis Kinerja (SPAN-PTKIN), diselenggarakan oleh Kemenag, yang menyeleksi mahasiswa berdasarkan transkrip akademik dan prestasi mahasiswa.
- Rekrutmen Antar Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang diselenggarakan oleh Pusat Manajemen Pengujian Pendidikan Kementerian Riset dan Teknologi yang menerapkan Tes Berbasis Komputer (UTBK).
- Ujian Penerimaan Perguruan Tinggi Islam Negeri (UM-PTKIN) yang diselenggarakan oleh Kemenag menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE).
- Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) yang diselenggarakan oleh SMM PTN-BARAT yang menerapkan Tes Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
- Rekrutmen Lokal (SPMB-Mandiri), diselenggarakan oleh UIN Jakarta, yang memanfaatkan Electronic Selection System (SSE).
UIN Jakarta menawarkan enam program untuk penerimaan sarjana:
- Reguler: Program ini terbuka untuk semua calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan minimum. Siswa harus mendaftar dan mengikuti ujian masuk UIN Jakarta
- Prestasi: Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi non-akademik di bidang olahraga, seni, qari’ah/qari’ah, tahfidz al-Qur’an/Qira’atul Kutub. Siswa harus menyerahkan transkrip akademik dan dokumentasi prestasi mereka.
- Talent Scouting (Kerjasama Sekolah): Program ini terbatas pada sekolah-sekolah yang telah mengajukan dan menjalin kerjasama dengan UIN Jakarta. Proses seleksi didasarkan pada prestasi akademik siswa di sekolah masing-masing.
- Kesetaraan Kesempatan Belajar: Program ini didasarkan pada nilai akademik rapor untuk calon siswa yang berasal dari daerah yang diklasifikasikan sebagai daerah terbelakang, perbatasan, dan terluar, serta minoritas.
- Beasiswa BLU: Program ini untuk penerima beasiswa BLU UIN Jakarta di 4 Program Studi yang ditentukan dan kerjasama beasiswa dengan institusi lain.
- Mahasiswa Internasional: Program ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa internasional melalui ingkata bilateral antara pemerintah Indonesia dengan negara lain, atau melalui program ingkata non-bilateral. Kandidat akan mengikuti ujian tertulis yang diadakan di Kampus UIN Jakarta.
Berikut link penerimaan mahasiswa baru SPMB UIN Jakarta
Setiap tahunnya, jumlah mahasiswa yang berminat belajar di FAH cenderung meningkat. Sebagaimana disebutkan pada poin 1, panitia UIN Jakarta secara langsung mengkoordinasikan pendaftaran masing-masing program studi daripada membukanya secara mandiri. Dalam proses seleksi calon mahasiswa, UIN Jakarta tidak melakukan diskriminasi terhadap suku, agama, ras, atau latar belakang calon mahasiswa. Meskipun mayoritas mahasiswa UIN Jakarta beragama Islam, ada juga mahasiswa non-Muslim yang belajar di UIN Jakarta, termasuk FAH.
Calon mahasiswa dari seluruh Indonesia mengikuti seleksi masuk tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan ingka, atau ingkat kemampuan ekonomi. Proses seleksi mempunyai prinsip-prinsip yang adil, transparan, tidak diskriminatif, kredibel, efisien, dan akuntabel. Prinsip-prinsip ini diwujudkan dalam beberapa cara—pertama, keadilan. Seleksi penerimaan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh calon mahasiswa untuk memilih program studi sesuai minat dan bakatnya. Proses seleksi juga menggunakan sistem penilaian yang obyektif dan terstandarisasi untuk menilai hasil tes. Kedua, transparan. Seleksi penerimaan memberikan informasi yang lengkap dan tepat tentang persyaratan, prosedur pendaftaran, jadwal kegiatan, biaya pendaftaran, pilihan program studi, prosedur pengumuman, dan mekanisme penyelesaian sengketa. Informasi ini dapat diakses melalui situs resminya. Ketiga, tidak diskriminatif. Seleksi penerimaan tidak membatasi pendaftaran berdasarkan asal sekolah, latar belakang ingkatan, atau prestasi akademik sebelumnya. Proses seleksi juga menyediakan fasilitas unik bagi peserta berkebutuhan khusus, seperti mereka yang mengalami gangguan penglihatan, pendengaran, atau bicara. Keempat, kredibel: seleksi penerimaan menggunakan CBT dengan sistem keamanan dan pengawasan ketat. Proses seleksi juga bekerja sama dengan lembaga independen untuk melakukan audit mutu dan evaluasi pelaksanaan ujian. Kelima, efisien. Seleksi penerimaan mengoptimalkan teknologi informasi untuk menyederhanakan proses pendaftaran, pembayaran, penyerahan kartu peserta tes, pelaksanaan ujian, pengolahan data hasil tes, dan pengumuman kelulusan. Keenam, akuntabel: seleksi penerimaan bertanggung jawab untuk melaksanakan ujian di bawah standar kualitas dan etika pengadaan. Proses seleksi juga menyediakan mekanisme penyelesaian protes bagi peserta yang merasa dirugikan atau tidak puas dengan hasil ujian.
Mahasiswa baru wajib mengikuti program induksi yang disebut PBAK di ingkat universitas, fakultas, dan program studi; memperkenalkan kehidupan kampus serta budaya akademik dan mahasiswa. Program induksi 30 jam terdiri dari informasi tentang fakultas, program studi, dan dosen. Program tambahan juga mencakup kode etik students, dan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan di mana setiap anggota masyarakat, terlepas dari suku, etnis, agama, dan pilihan politik harus bersedia untuk menghormati satu sama lain, dan belajar untuk melatih diri dalam mengelola dan mengatasi perbedaan di antara mereka.
SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN KONSISTENSI PENERIMAAN
Nilai kelulusan untuk masuk program studi di FAH ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor nomor 434 tahun 2022. Siswa harus lulus atau skor kompetensi di atas batas yang ditentukan dalam bidang-bidang berikut: Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Potensi Akademik, Matematika, dan Ilmu Sosial. Tabel berikut menunjukkan sebaran kompetensi masing-masing program studi di FAH.
Table. 2.4.1. Distribusi Kompetensi dalam Penerimaan
Tabel 2.4.1. Distribusi Kompetensi dalam Penerimaan menampilkan skor distribusi kompetensi yang digunakan dalam proses penerimaan untuk setiap program studi dalam FAH. Setiap program mengevaluasi pelamar di enam bidang: RE, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Potensi Akademik, Matematika, dan Ilmu Sosial, dengan skor total 100 poin. Semua program mengalokasikan 20 poin untuk RE dan masing-masing 15 poin untuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Potensi Akademik. Perbedaan muncul dalam Matematika dan Ilmu Sosial; misalnya, IHCi mengalokasikan 20 poin untuk Matematika dan 15 untuk Ilmu Sosial, sedangkan EL menekankan bahasa Inggris dengan 30 poin tetapi hanya mengalokasikan 10 poin untuk Matematika. Distribusi ini mencerminkan penekanan spesifik yang diberikan setiap program pada kompetensi tertentu berdasarkan fokus akademisnya.
Tabel berikut menunjukkan jumlah pelamar, mahasiswa yang diterima, dan selektivitas untuk setiap program studi di FAH:
Table. 2.4.2 Tingkat Penerimaan Mahasiswa Baru FAH Tahun 2022
Tabel 2.4.2 Angka Penerimaan Mahasiswa Baru FAH Tahun 2022 memberikan gambaran jumlah pelamar, mahasiswa yang diterima, dan rasio penerimaan setiap program studi dalam FAH tahun 2022. Program ALL menerima jumlah pelamar tertinggi dengan 3.898, menerima 140 siswa, sehingga menghasilkan rasio kompetitif 1:28. Program IHCi diikuti dengan 2.006 pelamar dan jumlah siswa yang diterima sama, sehingga menghasilkan rasio 1:14. Program LS memiliki 1.539 pelamar dengan rasio 1:11, sedangkan EL menerima 1.815 pelamar dengan rasio 1:13. Program TRA memiliki 296 pelamar dan menerima 105 siswa, sehingga menghasilkan rasio 1:3. Program IHCu memiliki pelamar paling sedikit, yaitu 48 orang, dan menerima 14 siswa, sehingga rasio penerimaannya 1:4. Rasio-rasio ini mencerminkan selektivitas dan permintaan untuk setiap program, dengan ALL menjadi yang paling kompetitif.