FAH GELAR TRADISI TAHUNAN FESTIVAL ARAB NUSANTARA DENGAN SEMINAR KETERAMPILAN MENGUASAI BAHASA ARAB
FAH GELAR TRADISI TAHUNAN FESTIVAL ARAB NUSANTARA DENGAN SEMINAR KETERAMPILAN MENGUASAI BAHASA ARAB
Sesi Acara Pembukaan FAN Tahun 2022

FAH News –  Prodi Sastra Arab dan Prodi Tarjamah, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta bekerjasama dengan Kedutaan Besar Saudi Arabia di Indonesia menggelar Seminar Kebudayaan Nasional. Acara yang digelar dalam rangka peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia ini, mengusung tema “Cakrawala dan kerjasama antar Institusi dalam peningkatan pembelajaran Bahasa Arab di Nusantara”. Seminar tersebut berlangsung di Auditorium Harun Nasution Kampus1 UIN Jakarta, Senin (19 Desember 2022).

Hadir sebagai narasumber pada Seminar yang dimoderatori M. Husni Tamrin, MA. Dosen Prodi BSA UIN Jakarta adalah Prof. Dr. Hj. Amany Lubis. MA, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pimpinan Akademik Al Haramain Saudi Arabia di Jakarta, Ustadz Nayif bin Uwaid bin Anni’zi. Kaprodi Bahasa Arab di LIPIA Jakarta, Dr. Muhammad bin Baraj Azzu’alli Al’ Inzi, Dr. Badr Al Jabr dari Rabithah yayasan Bahasa Arab bagi non-Arab serta dihadiri segenap Civitas Akademika FAH UIN Jakarta.

Sambutan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Prof. Dr. Amany Lubis, MA)

Amany Lubis menjelaskan bahwa bahasa Arab masuk ke Nusantara seiring dengan masuknya agama Islam antara abad ke-7 sampai dengan abad ke-8 M. Bahasa Arab dibawa oleh pedagang Muslim dari Arab dan Persia, agama Islam mulai berkembang di bumi Nusantara sekitar abad ke-11 sampai dengan 12 M. Ini artinya, usia bahasa Arab di Nusantara telah mencapai 12 abad. Dalam rentang waktu yang panjang itu, bahasa Arab telah menjadi bagian yang amat penting dalam ekspresi budaya suku-suku bangsa di Nusantara. Bahkan, aksara Arab pernah menjadi aksara yang digunakan dalam tulis-menulis di Nusantara sampai menjelang Perang Dunia.

Pemaparan narasumber Seminar tentang strategi pengajaran Bahasa Arab

Dalam pemaparannya, tiga narasumber menjelaskan bahwa terdapat beberapa strategi dalam pengajaran bagi para pengajar Bahasa Arab di Negara-negara dan wilayah Mayoritas non-Arab. Selain itu ada pula perbedaan dimana cara mengajarkan bahasa Arab untuk orang Arab dan untuk orang non-Arab. Dikatakan mereka bahwa orang Arab juga perlu belajar bahasa Arab seperti orang Indonesia yang juga belajar Bahasa Indonesia. Bagi Pengajar Bahasa Arab di Indonesia perlu adanya strategi pembaharuan keterampilan dalam pengajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan performa dalam menguasai bahasa Arab, yaitu metode keterampilan menulis, mendengar, dan membaca. Dari hal tersebut merupakan perkembangan pembelajaran Bahasa Arab dari masa sekarang ini.

Seminar ini merupakan tradisi yang selalu digelar setiap tahunnya oleh Fakultas Adab Humaniora UIN Jakarta, dengan mengusung tema yang variatif, sebagai bentuk menyambut dan memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia. FAH UIN Jakarta terus merawat kebudayaan Sastra terutama diruang lingkup Sastra Arab dan penerjemahan.

Kontributor: Hiksan Damaraharjo
Editor: AY