Berbicara pendidikan pasti tidak lepas dengan paradigma dan perkembangan diberbagai aspek pendidikan disetiap zaman yang datang. Oleh karena itu, pendidikan butuh perbaruan didalamnya untuk dapat mewujudkan pendidikan yang  efektif dan serta tepat sasaran. Sesuai yang telah dikatakan oleh ketua tim penyusunan kurikulum BSA 2020, Bapak Dr. Zubair, M.Ag. dalam acara “Sosialisasi Kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Arab” pada Selasa, 12 Januari 2021 lalu, yang menjelasan bahwa penyusunan kurikulum merupakan diantara sarana untuk pencapaian progam studi dengan dasar bahan kajian serta metode pembelajaran yang efektif akan mampu melahirkan pendidikan yang bersifat urgensi dan krusial serta mampu mengikuti perkembangan dunia pendidikan sehingga akan tercipta RPS yang efektif dan tepat sasaran.

Menindak lanjuti sosialisasi tersebut, Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan “Workshop dan Rapat Kerja Dosen BSA” pada Selasa, 24 Agustus 2021, pukul 13.00 WIB. Sosialisasi ini dilaksanakan via Zoom Cloud Meeting  FAH UIN Jakarta yang diikuti Kaprodi BSA dan seluruh dosen BSA serta mengundang Wakil Dekan 1 FAH, Ibu Dr. Ida Farida, M.LIS.

Acara Workshop ini dibuka oleh Bapak Minatur Rokhim, M.A. selaku Sekjur BSA yang dilanjutkan sambutan dari Ketua Prodi BSA UIN Jakarta, Ibu  Dr. Siti Amsariah, M.Ag. Dalam kesempatan ini, Ibu Kaprodi memberikan doa untuk kesehatan dosen-dosen BSA yang sedang diberikan ujian sakit dan menyampaikan urgensinya penyusunan RPS. Yang mana dengan RPS tersebut dapat menjadi tolak ukur akreditasi Jurusan juga sangat strategis menjadi bahan acuan evaluasi arsiran pencapaian ilmu yang didapat selama 5 tahun kedepan.

Dalam acara ini, Ibu Wadek 1 FAH UIN Jakarta memberikan sambutan yang mana dalam hal ini, beliau berpesan tetap bahagia dan tetap sabar dalam kegiatan perkuliahan dimasa pandemi ini. Beliau juga berharap dari prodi BSA mampu menjadi panutan untuk prodi prodi lain, mengingat prodi BSA ini merupakan prodi tertua di FAH UIN Jakarta. Terkhusus untuk dosen-dosen, diharapkan tulisan-tulisannya bisa mewarnai dunia akademisi ini, tegasnya.

Setelah sambutan dari Ibu Wadek 1 FAH UIN Jakarta, Ibu Dr. Ida Farida, M.LIS., acara dilanjutkan pemaparan kurikulum baru yang dipakai semester awal mahasiswa baru, yakni kurikulum 2020 oleh Bapak Dr. Zubair, M.Ag selaku ketua tim penyusunan kurikulum BSA 2020. Dalam pemaparannya, Bapak Zubair menjelaskan bahwa untuk kurikulum tahun 2020 yang baru ini memiliki beberapa matakuliah yang baru. Matakuliah tersebut diantaranya, Mujtama’ al-arobiyah (masyarakat dan budaya Arab), Al-arabiyah lil ghardi al-khossoh, Al-ilmu al-mu’jam wa sina’atuhu, Al-lahajat al-arabiyah. Dalam kesempatan ini, Bapak Zubair mempertegas bahwa penyusunan RPS harus memperhatikan dan mempertimbangkan 3 aspek, yakni sikap, pengetahuan konseptual dan prosedural, dan keteranpilan baik khusus maupun umum. Acara workshop dan rapat kerja dosen ini ditutup oleh sekretaris prodi BSA UIN Jakarta dengan bacaan Hamdallah.