021-7401928 fah@uinjkt.ac.id

Foto Bersama Rektor dengan Pimpinan FAH

Bogor – Jawa Barat, 22 Februari 2020 – Agenda tahunan Rapat Kerja Fakultas Adab dan Humaniora sukses digelar pada Kamis hingga Sabtu, 20 – 22 Februari 2020 bertempat di Poeti Mountai Resort, Bogor, Jawa Barat. Raker FAH kali ini sangat spesial mengingat dihadiri dan dibuka langsung oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, MA. Dalam paparannya, Rektor menyambut baik kegiatan raker ini, ia menyebut bahwa pentingnya tata kelola dan kerjasama yang baik antar semua unit. “Saat ini tolak ukurnya dari masing-masing unit itu adalah IKU (Indikator Kinerja Utama), kebijakan IKU ini sekarang diterapkan hingga ke unit terkecil seperti program studi. Karena dari prodilah sebetulnya yang menjadi tonggak utama pengembangan kampus, semakin baik tata kelolanya maka yang akan target-target universitas pun akan bisa tercapai.” tuturnya. Selain itu ia pun berpesan bahwa, tata kelola merupakan tugas bersama, maka dibutuhkan dukungan dari semua pihak bukan hanya pimpinan tetapi semua unsur termasuk staf juga perlu menunjukkan capaian kinerja yang bagus. Dan terakhir ia berpesan “Fakultas itu harus dapat meningkatkan kerjasama yang produktif dengan berbagai lembaga atau instansi baik pemerintahan maupun swasta, untuk menuju PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) itu harus punya pengembangan bisnis yang baik.” pungkas Amany.

Rektor Ketika Memberikan Sambutan pada Raker FAH

Rapat kerja kali ini mengusung tema “Penguatan Tatakelola dan Jaringan Kerjasama menuju Rekognisi dan Kualitas Fakultas yang Lebik Baik”. Tema ini diambil dengan lantaran FAH memiliki potensi untuk menjadi fakultas dengan rekognisi regional atau internasional. Salah satu indikasinya yang paling dasar adalah bahwa FAH telah mendorong program studi untuk tersertifikasi oleh Lembaga AUN QA yang bermarkas di Bangkok. Sedangkan untuk level internasional, FAH banyak menghasilkan tokoh masyarakat dan cendekiawan yang menjadi figur utama dalam bidang ilmu sejarah keislaman. Di samping itu, karya-karya dosen dan civitas lainnya juga telah mulai secara bertahap terindeks oleh lembaga-lembaga pengindeks karya ilmiah seperti Scopus dan Thomson.¬† Dalam konteks ini, FAH harus terus mobile secara vertikal dalam mengusahakan rekognisi global terutama mengenai kontribusinya pada ilmu pengetahuan dan kemasyarakatan.

Dekan memimpin Agenda Raker FAH

“Agenda tahunan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 lalu, juga penyampaian jadwal program kerja tahun anggaran 2020, menyusun tatakelola kelembagaan secara sistemik berdasarkan substansi kinerja yang dirumuskan, menyusun langkah-langkah strategis dan yang tak kalah pentingnya tentu merumuskan visi, misi dan tujuan FAH yang baru”, ucap Saiful Umam, Ph.D (Dekan FAH).

Antusiasme para peserta Raker

Kegiatan ini melibatkan seluruh stakeholder FAH, mulai dari pimpinan (Dekan, Wakil Dekan, Kabag, Kasubbag, Prodi) dan semua karyawan yang ada di lingkungan fakultas. Pada kegiatan rapat kerja ini, peserta mengumpulkan dan membandingkan data tentang penyelenggaraan pendidikan di FAH yang berguna untuk pengembangan di masa depan. Kegiatan  dimulai dari perancangan, pengumpulan data, pembagian peserta dalam 3 (tiga) komisi, yaitu komisi akademik, komisi umum dan keuangan, komisi kemahasiswaan dan kerjasama. Hasil diskusi dari ketiga komisi tersebut kemudian dipaparkan dalam sidang pleno untuk kemudian menjadi rujukan dalam pelaksanaan ke depan.

Pemberian bingkisan untuk Khamisah, SE oleh Dekan FAH

Disela-sela agenda raker ini pun menjadi momen haru lepas sambut pegawai FAH, yaitu Khamisah, SE selaku Bendahara Pengeluaran FAH yang dipindah tugaskan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian Reni Tania, SE dari Sekolah Pasca Sarjana ke Fakultas Adab dan Humaniora. Pelepasan dan penyambutan kedua pegawai ini disampaikan langsung oleh Dekan dan pimpinan lainnya.