Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia, Program Studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Webinar Internasional yang mengusung tema Al Lughoh Al Arabiyyah Hadhirah wa Hadharah. Bertempat di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Selasa, 20 Desember 2021. Dimulai pukul 08.30 WIB, dengan konsep hybrid yaitu petugas, pembicara, dan tamu undangan dibatasi sebanyak seratus orang diizinkan untuk hadir secara langsung, sementara peserta lainnya sekitar tiga ratus orang menyimak melalui platform Zoom.

Webinar ini disambut langsung oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhannudin Umar Lubis, Lc., M.A. dan  Dekan Fakultas Adab Humaniora UIN Jakarta, Drs. Saiful Umam, M.A., Ph. D. Narasumber yang dihadirkan merupakan tokoh-tokoh ternama, seperti Syaikh Ahmad bin Isa al-Hazimi selaku Atase Agama Kedutaan Saudi Arabia untuk Indonesia dan Dr. Abdullah bin Nasir al-Qarni seorang Dosen Bahasa Arab Universitas Umul Quro. Pada webinar ini dibahas terkait kedudukan dan peranan bahasa Arab yang dikolerasikan dengan tema. Bahasa Arab merupakan bahasa yang mulia dan pengantar untuk memahami ajaran agama Islam khususnya Al-Quran.

Gambar 1. Sambutan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhannudin Umar Lubis, Lc., M.A.

Gambar 2. Sambutan Dekan Fakultas Adab Humaniora UIN Jakarta, Drs. Saiful Umam, M.A., Ph. D.

Beberapa perwakilan Kedutaan Timur Tengah untuk Indonesia juga hadir memenuhi undangan, diantaranya Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Republik Indonesia, Abdullah Salim Al Thahiry,  Kuasa Usaha Kedutaan Besar Saudi Arabia untuk Republik Indonesia, Yahya bin Hasan Al Qahthani, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Al Jazair, Dr. Abdullah Razaq bin Barah, Dubes Suriah untuk Indonesia, Dr. Abdul  Mun’im ‘Anan, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Sulthanat Oman, Isa Ibrahim Al Farisi, Mustasyar Kedutaan Besar Palestina, Ahmad Al Muna’i Al Matani, dan yang mewakili duta besar Bahrain, Mrs. Nasreen Jaber. Tak ketinggalan, sejumlah penampilan seperti pidato, puisi, tari, drama, dan shalawat, turut memeriahkan prosesi.

Gambar 3. Suasana Webinar Internasional yang mengusung tema Al Lughoh Al Arabiyyah Hadhirah wa Hadharah. Bertempat di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Bekerjasama dengan HMPS Bahasa dan Sastra Arab, webinar ini ditutup dengan pengumuman pemenang pada perlombaaan Festival Arab Nusantara (FAN) 2021 yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu, pertanggal 8-18 Desember 2021. Hadiah diberikan secara simbolis oleh Rektor dan tamu kehormatan sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang. FAN merupakan agenda tahunan HMPS BSA untuk memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia, yang terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti Seminar Kesusasteraan, Perlombaan berbasis Bahasa Arab, Workshop TOAFL, dan Pentas Seni yang dikenal dengan sebutan ZAFRAN.

Gambar 4. Foto Bersama Pemenang Lomba Festival Arab Nusantara (FAN) 2021

 

 

Narator: Siti Zahra Dwi Utami