021-7401928 fah@uinjkt.ac.id

Selasa, 01 Oktober 2019 – Mahasiswa dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta berhasil menjuarai lomba debat Bahasa Arab pada Festival Timur Tengah yang diselanggarakan di Universitas Indonesia (UI). Festival Timur Tengah merupakan acara tahunan yang diselenggarakan tiap tahunnya, yang diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI).

Dalam acara Middle East Festival yang ke-9 ini, terdapat dua deskripsi acara. Yakni Festival dan Lomba Nasional. Setiap tahunnya, berbagai universitas dari seluruh Indonesia turut memeriahkan dengan mengirim delegasi lomba. Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakulas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta pun turut mengirimkan delegasi.

Lomba debat nasional tersebut adalah salah satu cabang lomba yang didelegasikan oleh jurusan Bahasa dan Sastra Arab, selain tiga lomba lainnya. Lomba lainnya tersebut, adalah: Pidato, puisi, dan voice of Arabic (menyanyi).

Juara lomba Rico Andrian (Tengah) bersama delegasi kampus lain

Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang memenangi lomba debat Bahasa Arab terdiri dari tiga orang dalam satu tim, yaitu: Ikhlasul Amalludin (Sastra Arab semester 7), Rico Andrian (Sastra Arab semester 5), Bobby Mahbuby (Sastra Arab semester 7).

Saat diwawancarai di Lantai 2 Fakultas Adab dan Humaniora, salah satu delegasi lomba debat Rico Andrian menuturkan “Sebenarnya menjuarai lomba debat nasional ini diluar ekspektasi, banyak beberapa hal yang saya kira kurang matang dan persiapan. Pokoknya, kami sangat tidak menyangka bisa menjuarai lomba ini.” Selasa (01/10/2019).

Delegasi lomba

Dengan adanya pemenang dalam lomba nasional debat Bahasa Arab, Rico pun menginginkan supaya para mahasiswa khususnya Bahasa dan Sastra Arab (BSA) melalang-buana ke kancah nasional lebih banyak lagi.

Reporter: Nasrul Alif

Editor: AY