021-7401928 fah@uinjkt.ac.id

Ciputat, 02/10/2020 – Program Studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam mendapat kabar gembira, hasil rilis re-akreditasi prodi MSKI telah mendapatkan nilai A. Seperti yang terpampang di dalam laman data akreditasi terkini program studi pada website resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) (https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php) berdasarkan SK bernomor 5815/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2020 program studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam kini akreditasinya dari B menjadi peringkat A dan tertanggal kadaluarsa 22-09-2025 mendatang. Tentu saja kabar ini sangat melegakan bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora, terutama Dekan dan Ketua Prodi MSKI. Setelah habis masa berlaku akreditasinya pada medio Agustus 2019 lalu, serta melalui berbagai macam tahapan yang telah ditentukan oleh BAN-PT akhirnya prodi MSKI mendapati kunjungan untuk visitasi secara daring sesuai dengan surat dari BAN-PT dengan nomor 864/BAN-PT/LL/2020 tertanggal 27 Agustus 2020. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa dalam suasana pandemi BAN-PT mengambil langkah untuk melakukan proses Asesmen Lapangan (AL) secara online (daring), dan prodi MSKI mendapat jadwal AL daring pada tanggal 10 dan 11 September 2020 lalu.

Saiful Umam (Dekan FAH)

Rasa syukur dan haru diungkapkan oleh Saiful Umam (Dekan FAH), ia menuturkan “Ucapan terima kasih yang sangat dalam saya haturkan kepada semua anggota tim yang sudah bekerja sangat keras mempersiapkan dan mengawal akreditasi MSKI ini. Saya tahu banyak yang terlibat dan berkontribusi sehingga mendapatkan nilai A. Mulai dari tim di MSKI yang dikomandoi Prof. Amel. Para GJM yang sempat “dimarahi” oleh asesor. Tim LPM UIN yang telah membantu dan mensuplai data-data penting.” ujarnya. Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah ini pun menambahkan, “tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada Pak Farkhan dan Bu Ati yang terus mengawal dan mendampingi saat melakukan simulasi, semoga hasil ini akan memberi manfaat yang besar untuk kemajuan prodi MSKI dan FAH tentu saja.” pungkasnya.

Amelia Fauzia, Mukmin Suprayogi dan Tim MSKI bekerja tak kenal lelah dalam visitasi online pada 10-11 September lalu

Seraya dengan Dekan, Amelia Fauzia selaku Kaprodi MSKI pun menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas capaian yang diraih oleh MSKI. “Saya sulit mengekspresikan kata-kata bahagia, ucapan syukur alhamdulillah dan terima kasih dari kami untuk semua tim yang terlibat, tim MSKI (Pak Yogi, Endi, Harun, Febria, Yusuf, Habib dll). Pak Dekan, para Wadek, Kabag TU, para staf dan tendik yang telah memberikan support yang luar biasa kepada kami dalam rangka mensukseskan agenda re-akreditasi ini. Semoga hasil ini dapat memacu kita untuk mengembangkan prodi serta mewujudkan visi misi prodi dan fakultas ke depannya.” ungkapnya.

Capaian ini tentu saja sangat menggembirakan, betapa tidak, setelah beberapa waktu lalu prodi MSKI ini menempati urutan pertama di SINTA (Science and Technology Index) KEMENRISTEKDIKTI sebagai prodi magister sejarah dan kebudayaan Islam terbaik yang ada di lingkungan PTKI. Perkembangan prodi ini terlihat sangat baik bila dirunut dari saat pendiriannya sejak 2012, metode pembelajaran yang mengintegrasikan kontekstualisasi ilmu sejarah dan kebudayaan Islam melalui perspektif keislaman dan keindonesiaan, kurikulum berbasis KKNI yang kuat, tenaga pendidik yang sebagian besar berstatus guru besar dan memiliki reputasi internasional, kerjasama luar negeri yang terjalin, beasiswa yang mendukung perkuliahan dan sederet prestasi lainnya tentu menjadikan prodi MSKI ini magnet bagi para pengkaji sejarah Islam untuk melanjutkan studi magister di prodi ini.

Asesmen Lapangan daring prodi MSKI pada 10-11 September 2020

Amelia berharap ke depannya prodi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini dapat menjadi prodi magister sejarah Islam yang mendunia dan berstandar nasional, serta menghasilkan para alumni kaliber dunia yang menduduki berbagai posisi strategis di berbagai bidang. Yaa, semoga saja…

(AY)