021-7401928 fah@uinjkt.ac.id

Sejak diberlakukannya Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) pada 16 Maret 2020, yang dimaksudkan untuk mengurangi dan membatasi penyebaran virus Corona (Covid-19), sebagian besar mahasisa UIN Syarif Hidayatullah meninggalkan kos/asrama dan tinggal dengan orang tua atau keluarga mereka. Meski demikian masih ada sejumlah mahasiswa yang bertahan tinggal di kos/asrama karena satu dan lain alasan. Semakin lama mereka tinggal di kos/asrama, semakin bertambah kesulitan atau beban yang harus mereka hadapi dan tanggung. Oleh karena itu, pimpinan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) berinisiatif menggalang dana untuk membantu mengurangi beban mereka.

Sampai saat ini sudah dua kali bantuan dibagikan kepada sejumlah mahasiswa FAH. Pertama, tanggal 1 April 2020, bantuan diberikan kepada 71 mahasiswa. Kedua, pada tanggal 8 April 2020 dan diberikan kepada 56 mahasiswa. Mereka yang menerima bantuan adalah mahasiswa yang masih tinggal di sekitar kampus, memerlukan bantuan, dan belum menerima bantuan dari Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta. Sebagaimana diketahui, STF UIN Jakarta telah membagi bantuan dalam bentuk makanan mateng, buah dan vitamin yang bekerjasama dengan warung makan di sekitar kampus.

Paket bantuan dari FAH yang diberikan kepada mahasiswa berisi mie instant, biskuit, sereal siap saji, susu, dan sardine. Dibagi juga masker kain yang dapat dicuci ulang. Pemberian bantuan ini dapat terlaksana berkat kepedulian dari sejumlah dosen dan staf FAH. Mereka menyisihkan dana sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadapa mahasiswa yang tengah menghadapi kesulitan.

Penyerahan bantuan dilakukan di halaman FAH dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi kemungkinan penyebaran Covid-19, yakni tidak datang bergerombol, selalu menjaga jarak, mengenakan masker, dan menjaga kebersihan tangan. Penyerahan bantuan disaksikan oleh Dekan, para Wakil Dekan, Kabag TU, dan sejumlah staf. Semoga bantuan tersebut dapat mengurangi beban yang sedang ditanggung mahasiswa.