021-7401928 fah@uinjkt.ac.id

Hasil akreditasi tahun 2014 Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab mendapat nilai C.Saat ini Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab sedang melakukan proses re-akreditasi Berikut borang yang diajukan ke BAN-PT beserta dokumen pendukung terbaru:

Dokumen Borang:

  1. Buku Borang Magister Bahasa dan Sastra Arab IIIA dan Link Erata
  2. Dokumen Excel Sapto
  3. Lampiran Borang Magister Bahasa dan Sastra Arab IIIA
  4. Evaluasi Diri Borang Magister Bahasa dan Sastra Arab

Standar Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab:

Standar 1

Standar 2

Standar 3

Standar 4

Standar 5

Standar 6

Standar 7

Data Dukung Akreditasi Program Studi (APS)

    UPPS
NO NOMOR BUTIR KETERANGAN
1   Fotokopi SK pendirian Fakultas/Sekolah Tinggi
2 1.1 Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi.
3 2.1 Dokumen SOP yang terkait dengan tata pamong.
4 2.5 Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/ Sekolah Tinggi
5 3.1.1 Dokumen sistem penerimaan mahasiswa baru yang mencakup: (1) Kebijakan penerimaan mahasiswa baru (2) kriteria penerimaan mahasiswa baru (3) prosedur penerimaan mahasiswa baru (4) instrumen penerimaan mahasiswa baru (5) sistem pengambilan keputusan
6 5.1 Dokumen yang terkait dengan penyusunan dan pengembangan kurikulum.
7 6.1.1 Laporan keuangan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir.
8 6.4 Daftar software yang berlisensi, petunjuk pemanfaatan SIM.
9 7.1.1 Hasil penelitian (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang.
10 7.2.1 Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang.
11 7.3.1 Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi dalam negeri
12 7.3.2 Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi luar negeri
    PROGRAM STUDI
13 2.1 Dokumen tentang aturan etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur pelayanan.
14 2.4 Dokumen tentang jaminan mutu.
15 2.5 Dokumen (kuesioner dan hasil) kajian proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan.
16 3.1.1 Daftar lulusan dalam lima tahun terakhir (termasuk IPK)
17 3.2 Dokumen pendukung pelayanan kepada mahasiswa
18 3.3.1 Dokumen (kuesioner dan hasil) kinerja lulusan oleh pihak pengguna.
19 3.4 Laporan kegiatan himpunan alumni.
20 4.1 Pedoman tertulis tentang sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.
21 4.2.1 Pedoman tertulis tentang monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan tenaga kependidikan.
22 4.2.2 Bukti tentang kinerja dosen di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat
23 4.3.1 Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS.
24 4.3.2 Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS.
25 4.4.1 Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tidak tetap.
26 4.5.3 Bukti kegiatan dosen tetap dalam seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ workshop/ pagelaran/pameran/peragaan.
27 4.5.4 Bukti pencapaian prestasi/reputasi dosen.
28 4.5.5 Fotocopi bukti keikutsertaan dosen tetap dalam organisasi keilmuan/profesi.
29 4.6.1 Fotokopi ijazah dan sertifikat tenaga kependidikan.
30 5.1.2.2 Silabus dan SAP tiap mata kuliah.
31 5.1.4 Modul praktikum/praktek untuk setiap kegiatan praktikum/praktek.
32 5.2 Dokumen pendukung kegiatan peninjauan kurikulum.
33 5.3.1 Dokumen pendukung monitoring perkuliahan.
34 5.3.2 Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut silabusnya.
35 5.5.1 Panduan pembimbingan tugas akhir.
36 5.5.2 Dokumen pendukung untuk memperoleh data rata-rata lama studi mahasiswa.
37 6.1 Notulen rapat/ bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana.
38 6.2.2 Kontrak penelitian.
39 6.4.1 Daftar pustaka yang relevan dengan PS, yang dipilah berdasarkan kategorinya.
40 6.5.1 Daftar software yang berlisensi, petunjuk pemanfaatan SIM.
41 7.1.1 Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang jumlah judulnya ada dalam borang.
42 7.1.2 Daftar nama mahasiswa, dosen dan judul tugas akhir yang dilibatkan dalam penelitian dosen.
43 7.1.4 Surat paten HaKI atau keterangan sejenis.
44 7.2.1 Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang jumlah judulnya ada dalam borang.
45 7.3.1 Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dengan instansi dalam negeri
46 7.3.2 Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dengan instansi luar negeri
47 Dokumentasi video 1. Fasilitas terpusat (Laboratorium, Perpustakaan, pengelola informasi) 2. Ruang dosen dan tenaga kependidikan 3. Fasilitas Umum, UKM, dan fasilitas pendukung lainnya 4. Kuliah di MSKI

Dokumen Pendukung

StandarButirDokumenLink
11.1.1Buku Renstra UIN 2017-2021"Tampilkan"
1.1.1Buku Renstra FAH 2015-2024"Tampilkan"
1.1.1Buku Renstra Prodi MSKI 2019-2023"Tampilkan"
1.1.1Laporan FGD I Rabu, 06 Mei 2015 di Ruang Rapat Lt. 5 FAH, Tim Kecil menyelenggarakan FGD yang dihadiri oleh tenaga ahli (Dr. Budhi Akbar, M.Si), Guru Besar, Pimpinan Fakultas dan Prodi, wakil tenaga pendidik, wakil tendik. Tujuan FGD ini adalah membahas draf rumusan visi, misi, dan tujuan PS-MSKI hasil kerja Tim Kecil, sekekaligus menggali kekuatan SDM yang dimiliki PS-MSKI."Tampilkan"
1.1.1Laporan FGD II Kamis, 30 Juni 2015 di Ruang Rapat Lt. 5 FAH, Tim Kecil menghadirkan Pimpinan Fakultas dan Prodi, wakil Pimpinan Universitas, wakil tenaga pendidik, wakil mahasiswa guna melaksanakan FGD ke-2. Tujuannya adalah membahas hasil rumusan FGD ke-1, disamping penggalian kekuatan aspek sarana dan prasarana yang dimiliki PS-MSKI."Tampilkan"
1.1.2Buku Renop FAH 2019-2024"Tampilkan"
1.1.2Buku Renop MSKI 2019-2024"Tampilkan"
1.2Tingkat pemahaman visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi oleh seluruh pemangku kepentingan internal (internal stakeholders): sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan."Tampilkan"
22.1Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta"Tampilkan"
2.1Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2014 tentang Statuta Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
2.1Pedoman Akademik
2.1SK Mengajar 2016-2019
2.1Laporan membimbing dan menguji
2.1Laporan IKU
2.1Laporan BKD
2.2Karakteristik kepemimpinan yang efektif mencakup: (1) kepemimpinan operasional, (2) kepemimpinan organisasi, dan (3) kepemimpinan publik.
2.3Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pengembangan staf, (4) pengawasan, (5) pengarahan, (6) representasi, dan (7) penganggaran yang dilaksanakan secara efektif.
2.4Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
2.5Penjaringan umpan balik dan tindak lanjutnya. Sumber umpan balik antara lain dari: (1) dosen, (2) mahasiswa, (3) alumni, (4) pengguna lulusan.
2.5Dokumen tindak lanjut untuk perbaikan
2.6Peningkatan animo calon mahasiswa
2.6Upaya peningkatan mutu manajemen
2.6Upaya untuk peningkatan mutu lulusan
2.6Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan
2.6Upaya dan prestasi dalam memperoleh dana hibah kompetitif.
33.1Dokumen kebijakan penerimaan mahasiswa baru
3.1SK Penerimaan mahasiswa baru 2016-2019
3.1Form Nilai Ujian Tulis, Daftar Hadir, Daftar Hadir Ujian Proposal, Wawancara Calon Mahasiswa Program Magister Sejarah Dan Kebudayaan Islam
3.1Hasil Ujian PMB 2019
3.2.1.1Rasio calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung
3.2.1.1Rasio mahasiswa baru reguler yang melakukan registrasi : calon mahasiswa baru reguler yang lulus seleksi
3SK Dekan Tahun 2017 tentang Forum Silaturrahim Alumi Magister
3.2.1.5Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan selama lima tahun terakhir
3.3.1Upaya pelacakan dan perekaman data lulusan.
3.4Bentuk partisipasi lulusan dan alumni untuk kegiatan akademik: (1) Sumbangan dana, (2) Sumbangan fasilitas, (3) Masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, dan (4) Pengembangan jejaring.
44.1Pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen, penempatan, pembinaan, pengembangan, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan, serta konsistensi pelaksanaannya.
4.2.1Pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.
4.2.2Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja dosen di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat.
4.3.1.1SK Homebase Dosen
4.3.1.2Daftar Dosen Tetap Prodi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam yang Memiliki Sertifikat Pendidik
4.2.1Pedoman tentang system monitoring dan evaluasi rekam jejak dosen
4.5.3Keikutsertaan dosen tetap dalam kegiatan seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ workshop/ pagelaran/ pameran/peragaan yang melibatkan ahli/pakar dari luar PT dalam tiga tahun terakhir.
4.5.4.1Dosen tetap yang pernah menjadi pakar/konsultan/staf ahli/nara sumber (bukan pejabat penuh waktu seperti direktur, dirjen, menteri, dll), dalam tiga tahun terakhir.
4.5.4.2Dosen tetap yang menjadi anggota masyarakat/ himpunan/asosiasi profesi dan/atau ilmiah tingkat nasional dan atau internasional dalam tiga tahun terakhir.
4.5.4.3Hasil/dampak kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dari dosen program studi.
4.6.1.1Pustakawan dan kualifikasinya
55.1.2.1.1SK Rektor Nomor 507 Tentang Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
5.3.1Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki setiap semester tentang:(a) kehadiran mahasiswa, (b) kehadiran dosen, (c) materi kuliah.
5.5.2Monitoring dan evaluasi proses penulisan tesis
5.6.3Interaksi akademik berupa program dan kegiatan akademik, selain perkuliahan dan tugas-tugas khusus, untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku dll).
66.2.4Dana yang diperoleh dalam rangka pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dalam tiga tahun terakhir.
6.4.1.2Jurnal Al-Turas
6.4.1.2Vol. 25 No. 1 th. 2019
6.4.1.2Vol. 24 No. 2 th. 2018
6.4.1.2Vol. 24 No. 1 th. 2018
6.4.1.2Vol. 23 No. 2 th. 2017
6.4.1.2Jurnal Insaniyat Fakultas Adab UIN Jakarta
6.4.1.2Vol. 4 No. 1 th. 2019
6.4.1.2Vol. 3 No. 2 th. 2019
6.4.1.2Vol. 3 No. 1 th. 2018
6.4.1.2Vol. 2 No. 2 th. 2018
6.4.1.2Vol. 2 No. 1 th. 2017
6.4.1.2Vol. 1 No. 2 th. 2017
6.4.1.4Prosiding
6.4.1.4Abstrak Prosiding
7.1.1.1Skor keberadaan dan kesesuaian agenda penelitian
7.1.1.2Skor lingkup jaringan penelitian
7.1.2Penggunaan pendekatan dan pemikiran baru dalam penelitian dosen dan mahasiswa.
7.1.2Penelitian Mahasiswa
7.1.2Kumpulan Karya Mahasiswa
7.1.3Dampak hasil penelitian dosen atau penelitian tesis magister terhadap peningkatan aspek: (1) produktivitas, (2) kesejahteraan masyarakat, dan (3) mutu lingkungan.
7.1.4Penelitian Dosen
7.1.4Data Penelitian Internasional Dosen Prodi Magister Fah
7.1.5.1Jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS, selama 3 tahun.
7.1.7Karya PS/ Institusi memperoleh perlindungan HAKI
7.2.1Kegiatan pengabdian masyarakat dosen
7.3.1Kegiatan kerjasama dengan instansi di dalam negeri
7.3.1Kumpulan daftar MoU dan Kerjasama
7.3.2Kegiatan kerjasama dengan instansi luar negeri