Ciputat, 19/03/2022 – Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta raih juara tingkat nasional dalam perlombaan yang berlangsung pada kegiatan Rapat Pimpinan Nasional Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia.

Rapat Pimpinan Nasional yang dilaksanakan oleh  Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia yang tergabung dalam Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia atau yang akrab disebut ITHLA berlangsung di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan SDM Kementerian Ketenagakerjaan RI, Matraman, Jakarta Timur.

Kegiatan nasional yang melibatkan unit kemahasiswaan dalam bidang Bahasa Arab ini rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Pada tahun 2022, acara yang dilaksanakan secara hybrid (Online dan Offline) ini berlangsung selama 3 hari 2 malam dengan beberapa sub kegiatan seperti Seminar Kebahasaan Nasional, Rapat Pimpinan Nasional, dan Perlombaan Nasional.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, salah satu universitas yang ikut serta dalam kegiatan Rapat Pimpinan Nasional Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah yang diikuti oleh 119 Universitas di Asia Tenggara ini turut mengirimkan delegasi mahasiswanya sebagai panitia dan juga peserta lomba.

Content Desain, Konten Video TikTok, dan Karya Tulis Ilmiyah merupakan beberapa jenis perlombaan yang diselenggarakan dalam kegiatan Rapat Pimpinan Nasional dalam Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia tersebut.

2 Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora yang berasal dari prodi Bahasa dan Sastra Arab dan prodi Tarjamah berhasil raih juara tingkat nasional pada cabang perlombaan Karya Tulis Ilmiah dan Konten Video Tiktok.

Raihan Surya Saputra, mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Arab berhasil meraih juara 2 dalam perlombaan Konten Video Tiktok dengan tema “Budaya Arab di Indonesia” sedangkan Rizky Saputra Mahasiswa prodi Tarjamah berhasil raih juara 2 dalam perlombaan Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Bahasa Arab di Indonesia”.

Perlombaan yang dilangsungkan secara daring ini diikuti oleh ratusan peserta yang tergabung dalam Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia. Meski lomba yang digelar dikatakan sebagai tingkat nasional, namun sebagian peserta yang mengikuti lomba tersebut berasal dari beberapa universitas yang berada di Asean, beberapa diantaranya berasal dari Malaysia, Singapore, dan Thailand.

Dengan mengangkat “Khidmah Bahasa Arab untuk Indonesia” Rapat Pimpinan Nasional Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia berjalan lancar dan sukses.***