Dalam memberikan pelayanan terbaik, Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora melibatkan Pustakawan Praktikum (PUSTIKUM). Pustikum merupakan sebuah organisasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah yang bertujuan sebagai wadah untuk mengembangkan ilmu kepustakawanan mahasiswa ilmu perpustakaan yang telah didapat di kelas. Sampai saat ini keberadaan pustikum sudah sampai angkatan ke 4 atau angkatan 2018.

  PUSTIKUM pertamakali terbentuk pada tahun 2014 sebagai angkatan pertama. Pada hari Kamis, 22 November 2018 di Perpustakaan FAH UIN Syarif Hidayatullah melaksanakan serah terima jabatan dari angkatan sebelumnya yaitu angkatan 2017, serah terima jabatan ini dihadiri oleh Kepala Perpustakaan FAH yaitu Bpk. Muhammad Azwar, Spd.I, M.Hum, Staf Perpustakaan Bpk. Sukirno dan Ibu Siska, serta perwakilan masing-masing angkatan PUSTIKUM mulai dari angkatan pertama sampai dengan angkatan ke 4 yang diketuai oleh Ria Julianti.

  Acara serah terima jabatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan sambutan. Setelah itu acara inti yaitu penandatanganan MOU Kepengurusan PUSTIKUM oleh ketua PUSTIKUM 2017 dan Ketua PUSTIKUM 2018 serta kepala perpustakaan FAH Bpk. Muhammad Azwar, Spd.I, M.Hum. Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing session oleh masing-masing angkatan untuk menyampaikan kesan dan pesan selama menjadi anggota PUSTIKUM, selain itu diadakan juga ice breaking untuk mencairkan suasana di acara sertijab. Di akhir acara dilanjutkan dengan sesi photo bersama.

  Dengan diadakannya acara sertijab rutin setiap awal kepengurusan diharapkan PUSTIKUM dapat menjadi lebih baik dan dapat mempererat tali silaturahim antar sesama anggota PUSTIKUM.

[Gilang Musfi Amrullah]