Foto Bersama para peserta seminar di akhir acara Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (HMJ BSA)

Alasan yang memperkuat akan kemeriahan seminar ini adalah kontribusi penuh panitia mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang dipandu langsung oleh M. Husni Thamrin, M.A, (Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab) yang telah mendatangkan dua pemateri pakar sastra arab, yaitu Sayyid Walid Al-hadid, native speaker dari Yordania yang sekaligus merupakan Dubes Yordania – Indonesia dan juga Ali Hasan Bahar, M.A, salah satu dosen aktif Bahasa dan Sastra Arab di Fakultas Adab dan Humaniora. “Sebenarnya, acara seminar kesusastraan ini merupakan agenda tahunan HMJ BSA yang tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa antusias lebih terhadap sastra arab khususnya bagi seluruh mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora,” ujar, saudara Hermansyah Pratama selaku ketua umum HMJ BSA ketika sedang diwawancari.

Sayyid Walid Al-hadid, Dubes Yordania

Selain itu, seminar kesusastraan ini dihadiri oleh para petinggi FAH, yaitu jajaran Dekan (Dekan, Wadek I, Wadek II, dan Wadek III) beserta staffnya, ketua jurusan dan para dosen BSA, serta beberapa undangan dari berbagai instansi. Menurut Rico Andrian ketua panitia pelaksana, ia mengaku sangat senang dan bisa semeriah ini. “sebetulnya yang menarik perhatian peserta dalam seminar ini adalah kehadiran dubes Yordania – Indonesia, yang penyampaian materinya pun berhasil menghipnotis penonton dengan bahasa arabnya yang fasih dan indah, ditambah lagi pemateri satunya adalah dosen favorit mahasiswa BSA disebabkan pengetahuannya yang luas, penyampaian materi yang asik dan sedikit bersifat humoris,”.

Disela-sela acara, Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A. Dekan Fakultas Adab dan Humaniora memberikan sambutan hangat dan penghormatan atas kehadiran dubes Yordania – Indonesia yang diikuti oleh seluruh peserta seminar, karena hal tersebut merupakan momen langka dan berharga melihat seorang dubes yang padat dengan segala kegiatan, bisa menghadiri acara seminar ini, selain itu dekan juga membuka acara seminar secara resmi di tengah-tengah sambutannya sebelum dimulainya materi.

Dekan FAH, Prof. Dr. Sukron Kamil ketika memberikan sambutan

Seminar dimulai pada jam 14.30 WIB sebagai pemateri pembuka Ali Hasan al-Bahar. M.A, kedua pemateri membacakan beberapa syiir arab yang berbau cinta sehingga menarik perhatian para peserta, dubes Yordania juga menyinggung banyak tentang keutamaan-keutamaan bahasa arab dibanding bahasa lainnya, maksud dari keutamaan tersebut adalah keutamaan bahasa arab tanpa dilihat dari segi agama, melainkan memang murni keutamaan bahasa arab, dan diakhir penyampaiannya beliau membaca dengan gagahnya sebuah syiir indah sebagai closing statement sehingga mendapat tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta seminar.

Seminar yang dimoderatori oleh Mahbubi (Mahasiswa aktif Bahasa dan Sastra Arab semester 4) ini juga cukup menggugah hati peserta untuk bertanya. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya peserta yang berlomba-lomba mengangkat tangannya ketika moderator membuka sesi pertanyaan, namun dikarenakan minimnya waktu, moderator hanya menerima dua pertanyaan. “saya merasa puas dengan pertnyaan saya tadi, dan lebih puasnya lagi, pertanyaan saya dijawab secara sempurna oleh dubes Yordania – Indonesia. dan  suatu kebangaan bagi saya bisa berkomunikasi langsung dengan penutur arab asli yang sekaligus seorang dubes.” ujar Aghin Khulqi, salah satu penanya pada acara seminar tersebut.

Seminar kesusastraan ini ditutup dengan pemberian cendramata dari pihak fakultas kepada pihak kedutaan besar yordania yang diwakili oleh Dr. Zubair, M.A (Wadek III Fakultas Adab dan Humaniora) dan yang lebih mengejutkan lagi, pihak kedutaan besar yordania juga memberikan cendramata kepada Fakultas Adab dan Humaniora.

*Mahbubi