Ciputat, Selasa, 12 November 2019 – Senat Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (SEMA-F) menggelar Musyawarah Perwakilan Mahasiswa Fakultas Adab (MPMF) Jilid II bertempat di ruang pertemuan Lantai 2, Kampus FAH. Diselenggarakannya MPMF Jilid II, guna untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) baru perihal perombakan kabinet dalam lembaga kemahasiswaan di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH).

Acara MPMF Jilid II ini dimulai pukul 08.30 – 12.30 WIB, dan dibuka oleh sambutan Wakil Dekan III Kemahasiswaan Halid. Dalam sambutannya, Wadek III berharap bahwa terselenggaranya MPMF Jilid II ini menjadi bergeraknya ruang bagi lembaga kemahasiswaan, khususnya Senat Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (SEMA-F).

Dalam MPMF Jilid I, SEMA-F lebih menekankan kepada sinkronisasi terhadap Undang-Undang yang ada untuk dijalankan oleh masing-masing lembaga kemahasiswaan yang ada di dalam Fakultas Adab dan Humaniora (FAH). Berlanjut pada MPMF Jilid II kali ini, pembahasan yang dibahas adalah pengesahan teknis yang sudah cukup ditunggu oleh semua pengurus lembaga kemahasiswaan. Mulai dari DEMA-F, HMJ, bahkan Lembaga Otonom (LO).

Berlangsungnya MPMF Jilid II

Legalitas hukum yang tak jelas, menjadi alasan untuk SEMA-F segera mengesahkan RUU ini. Permasalahan yang sudah diturunkan dari masa jabatan sebelumnya, turut mendorong terjadinya RUU ini dalam MPMF Jilid II. Selain poin-poin penting dalam RUU perombakan kabinet, SEMA-F juga turut merevisi pedoman-pedoman Organisai Mahasiswa (ORMAWA) untuk dilaksanakan di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH).

Revisi yang dibahas dalam MPMF Jilid II ini adalah poin-poin pedoman LO. Pedoman-pedoman yang ada dalam LO menjadi tidak terpisah dengan lembaga mahasiswa. Pedoman LO yang ada pada tahun 2018 menjadi satu, dan lebur dengan lembaga mahasiswa agar sinergisitas dan kinerja LO dan lembaga mahasiswa berjalan dengan baik.

“MPMF Jilid II ini memang menjadi acara yang baik, dan ditunggu oleh berbagai elemen dalam organisasi kemahasiswaan.” Ujar Harja, Ketua SEMA-F 2019.

Reporter : Nasrulloh Alif

Editor : AY