Apa itu FAHIM Center?

FAHIM Center, atau Faculty of Adab and Humanities Information Management Center, adalah organisasi non-struktural di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berperan membantu melakukan transformasi manajemen kelembagaan FAH menuju e-Faculty sebagai prototipe fakultas masa depan.

FAHIM Center menjadi bagian integral dari FAH yang berfungsi membangun sistem interaksi dan integrasi yang ditujukan pada users dan stakeholders demi pengembangan FAH ke depan. Kehadiran FAHIM Center diharapkan bisa menjadi pendukung yang memudahkan dan mencerahkan aktifitas seluruh sivitas akademika di lingkungan FAH.

 

Apa Filosofi FAHIM Center?

  • Berbasis pada transformasi informasi yang menempatkan manusia sebagai subyek perubahan.
  • Menempatkan teknologi informasi sebagai media penyampaian informasi dan pelayanan, demi menghilangkan hambatan dalam berkomunikasi dengan FAH.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelayanan administrasi kampus secara efisien, guna menambah kualitas pelayanan bagi civitas akademika dan masyarakat.
  • Membangun atmosfer intelektual yang lebih komunikatif dan interaktif.
  • Meningkatkan akselerasi dan diseminasi informasi yang lebih luas, terarah, dan berkesinambungan.

 

Apa Tugas FAHIM Center?

  • Diarahkan untuk mendukung beberapa pusat pengembangan akademik dan kelembagaan yang ada di lingkungan UIN Jakarta.
  • Mengolah data-data internal FAH yang selama ini kurang optimal termanfaatkan di level Universitas.
  • Menjadi mitra kerja bagi seluruh sivitas akademika; dan membantu pengolahan data mentah yang diperoleh dari staf Tenaga Kependidikan FAH.
  • Sebagai lembaga semi-otonom FAH yang berfungsi membantu percepatan kinerja dan progres FAH ke depan menuju e-Faculty.

 

Apa Saja Target Capaian FAHIM Center?

  • Tahap pertama: Web Presence, yakni menyiapkan website resmi FAH sebagai media untuk menghimpun dan menampilkan informasi dasar yang dibutuhkan.
  • Tahap Kedua: Interaction, yakni menyediakan fitur-fitur serta fasilitas interaksi dan komunikasi dengan civitas akademika berbasis web dan email.
  • Tahap Ketiga: Transaction, yakni mulai menerapkan semua transaksi pelayanan formulir dan dokumen lain yang dibutuhkan civitas akademika secara online.
  • Tahap Keempat: Transformation. Pada tahap ini, pelayanan di FAH dilakukan secara terintegrasi serta berbasis teknologi dan informasi.

 

Siapa Tim FAHIM Center?

Pada awal kelahirannya di bulan Juni 2014, FAHIM Center dikelola oleh sebuah Tim di bawah kordinasi Dr. Halid, M.Ag, dengan Sekretaris Ade Abdul Hak, S.Ag, SS, M.Hum, dan beberapa anggota lainnya. Tim ini berhasil merumuskan dan melahirkan konsep desain web FAH yang sekarang terus aktif dengan berbagai fitur tambahan.

Kemudian, dalam tahap berikutnya, sehubungan dengan kesibukan masing-masing inisiator tersebut sebagai dosen dan peneliti, maka pengelolaan FAHIM Center, terutama untuk pembaharuan data dan berita, diserahkan kepada para sularelawan dari kalangan mahasiswa FAH yang memiliki minat serta gairah di bidang teknologi informasi dan komunikasi di bawah kordinasi Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Zubair, M.Ag.

Berikut adalah susunan lengkap Tim FAHIM Center pada fase kedua:

Penanggung Jawab:
Dekan FAH
Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A

Pembina:
Dr. Zubair, M.Ag
Dr. R. Yani’ah Wardani,M.Ag
Dr. Muhammad Farkhan, M.Pd

Konsultan Teknis:
Ali, S.Hum (IT)

Pemimpin Redaksi : 
Ibnu Hafidz
Wakil Pimpinan Redaksi :
Ibnu Fatkhan
Redaktur :
Muliadin Iwan
Reporter
TB. Ahmad Didin Saepul Ali
Ika Wahyuni
Cahayatun Nisa
Ikin Sodikin
Arya Rangga Putra
Safurotun Ziah
Mardyah
Apriana
Inayatul Khasanah
Editor :
Maftukhatul Inayah
Fotografer :
Syahril Syahibi
Muhammad Syauqi Hadzami
Design Publikasi :
Muhammad Naufan Faikar