FAH News, Tangerang Selatan, 19 Maret 2018.

      Program Studi Ilmu Perpustakaan mengadakan Workshop SLiMS bagi mahasiswanya. Workshop yang diadakan di Teater Prof. Dr. Bustami Abdul Ghani Fakultas Adab dan Humaniora ini dihadiri lebih dari 90 orang mahasiswa. Mereka semua diberikan pemahaman seputar aplikasi yang banyak digunakan perpustakaan diberbagai negara dan institusi baik Pendidikan maupun non-Pendidikan. Dalam arahannya, Muhammad Azwar, M.Hum sebagai pembicara sekaligus Kepala Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora menjelaskan berbagai aplikasi yang digunakan dalam otomasi perpustakaan diantaranya: KOHA, IGLOO, OPEN BIBLIO dan banyak aplikasi lainnya.  Selain menjelaskan aplikasi, Narasumber juga mengajarkan mahasiswa bagaimana cara dalam memasang/install SLiMS di Laptop masing-masing peserta, karena tujuan workshop ini juga memberikan pengalaman bagi mereka dalam menerapkan aplikasi yang nantinya akan mereka gunakan di dunia kerja.

      Setelah mahasiswa berhasil memasang aplikasi SLiMS, mahasiswa diminta untuk menginput beberapa buku-buku kedalam aplikasi SLiMS tersebut untuk memperaktekan pelajaran yang telah didapat dikelas. Beberapa tehnik penulisan pengarang, judul buku dan revisi buku ikut dalam pembahasan tehnik input kedalam katalog online. Mahasiswa diajarkan tehnik input di aplikasi agar nantinya semua buku di perpustakaan Prof. Dr. Nurcholish Madjid terinput dalam katalog online, jadi semua orang dapat mengakses koleksi Cak Nur tersebut. Dalam hal katalog online, Kepala Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora sudah berpengalaman membangun aplikasi ini.

      Kegiatan workshop kali ini juga mengemban misi dalam proses input buku-buku perpustakaan Cak Nur, Koleksi buku-buku Cak Nur ini masih belum sepenuhnya terinput dalam aplikasi Katalog online. Maka dari itu mahasiswa Ilmu Perpustakaan dibekali pengetahuan mengenai aplikasi SLiMS yang digunakan di Perpustakaan FAH. Nantinya Perpustakaan FAH akan melibatkan mahasiswa dalam menata dan menginput buku kedalam katalog online yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang ingin tau dan belajar membangun pemikiran Prof. Dr. Nurcholish Madjid. [fahuinjkt]