FAH News, Tangerang Selatan

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta serius menuju keunggulan di kawasan Asia Tenggara dengan mengadakan Workshop Persiapan AUN-QA (6/11/2017). Hadir dalam workshop ini adalah pimpinan fakultas, para ketua program studi S1 dan S2 serta dosen terkait.

Menurut Dr. drh. Hadri Latif, M.SI selaku narasumber dalam workshop ini, persiapan AUN-QA itu mencakup: komitmen pimpinan institusi dan unit; program studi telah memiliki akreditasi BAN-PT dengan nilai A; dukungan sivitas akademika dan tenaga kependidikan; implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara konsisten; memahami sistem dan kriteria AUN-QA; strategi fasilitasi dan pendampingan; dan memiliki kajian tentang kesenjangan antara hasil penilaian/assessment dengan evaluasi yang telah dilakukan.

Ciri utama dari AUN-QA, lanjut Kepala Kantor Penjaminan Mutu IPB ini, menekankan penilaian generik pada aspek proses pengelolaan lembaga, bukan pada pada hasil atau output seperti yang dijadikan dasar penilaian pada akreditasi BAN-PT. Oleh karena itu, apa yang dilaporkan dalam artikel harus lebih menjelaskan pada proses dan prosedur untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. [ZA]