Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) merupakan kegiatan pembekalan bagi mahasiswa baru dan mahasiswa angkatan sebelumnya, yang belum mengikuti/belum lulus Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk memperkenalkan sistem akademik dan pembelajaran serta lembaga yang memiliki ciri dan cara khusus dalam pengelolaannya.

Civitas Akademika Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta menyambut 715 mahasiswa baru dalam PBAK 2019 dengan tema “Humanities Elevate Humanism” di Gedung FAH Kampus III UIN Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Dekan Fakutas Adab dan Humaniora, Saiful Umam, Ph.D dalam sambutanya menyampaikan kebanggaannya kepada seluruh mahasiswa baru yang telah terpilih sebagai mahasiswa dan melanjutkan pendidikan di fakultas tertua kedua di UIN Jakata ini.

“Selamat datang kepada seluruh mahasiswa yang telah memilih menempuh pendidikan di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Berbanggalah kalian para mahasiswa yang telah terpilih menjadi mahasiswa FAH dari berbagai macam jalur seleksi, karena fakultas ini memang banyak peminat dan merupakan Fakultas tertua kedua yang ada di  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” ujarnya.

Selain Dekan acara ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman M. Fachir yang juga alumni dari FAH UIN Jakarta. beliau berpesan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan inovatif dan kreatifitas selain akademik yang menjadi kewajiban bagi mahasiswa.

“Dalam menghadapi tantangan ke depan, mahasiswa dituntunut agar lebih kreatif dan inovatif sebagai bekal kedepannya.  Tentunya akademik adalah hal utama dalam proses ini. Saya berharap kita semua dapat saling bekerja sama dalam mengembangkan kemampuan inovatif dan kreatifitas dalam akademik maupun non akademik ” tambahnya.

Diketahui Fakultas Adab dan Humaniora memiliki lima program studi, yaitu Sejarah dan Peradaban Islam (SPI), Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Sastra Inggris (SI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Tarjamah dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima tahun ini sebanyak 715 Mahasiswa.