img_0481

Ruang Sidang – Berita FAH Online, 22 Juni 2016

Kerjasama antara Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) Se Indonesia dengan Fakultas Adab/Humaniora se Indonesia semakin kuat dengan ditandatanganinya 506 Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Rabu, 22/6/2016). Lembaga yang hadir pada kegaitan ini sebanyak 23 lembaga yang terdiri atas Fakultas yang menyelenggarakan ilmu adab dan humaniora pada UIN/IAIN/STAIN se Indonesia. Dalam acara pembukaan, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hadir memberikan sambutan yang menekankan pada pentingnya kerjasama antar lembaga, khususnya di bidang ilmu adab dan humaniora untuk menyambut peluang dan tantangan yang akan datang. Mantan Direktur pada Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI tersebut secara gamblang menjelaskan apa yang seharusnya dilakukan oleh program studi bidang ilmu humaniora, di antaranya tentang pentingnya memperhatikan softskill mahasiswa yang dijadikan sebagai bagian dari Surat Keterangan Pendamping Ijazah bagi lulusan.

Sebelum acara penandatanganan, FAH UIN Jakarta menggunakan kesempatan yang dihadiri oleh 22 dekan/ketua PTKIN Se Indonesia ini untuk mendiskusikan rencana aksi pengelola lembaga dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tampil sebagai narasumber Prof. Dr. Misri A. Muchsin, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar Raniry – Banda Aceh/Ketua Umum ADIA dan Prof. Dr. Sukron Kamil, M.Ag, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nota Kesepahaman antar lembaga dititikberatkan pada kerjasama bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Bidang yang cukup banyak dibincangkan adalah jurnal terakreditasi. Banyak sekali anggota ADIA yang terkendali untuk mutasi ke guru besar karena tidak adanya jurnal terakreditasi, baik nasional maupun internasional.

Adapun 23 lembaga yang turut hadir menandatangani Nota Kesepahaman adalah sebagai berikut:

NO NAMA LEMBAGA
1 Dr. Zamzam Afandi, M.Ag FAIB UIN Yogyakarta
2 Prof. Dr. H. Udi Mufradi Mawardi, Lc, M.Ag FUDA IAIN Banten
3 Dr. Hajam, M.Ag FUAD IAIN Cirebon
4 Dr. Hj. Armida, M.Pd.I FAH IAIN Jambi
5 Dr. H. Abdul Haris, M.Ag FUAH IAIN Jember
6 Dr. H. Yufni Faisol, MA FAH IAIN Padang
7 Dr. H. Abubakar HM, M.Ag FUAD IAIN Palangka Raya
8 Dr. H. Saude, M.Pd FUAD IAIN Palu
9 Dr. Naqiyah, M. Ag. FUAH IAIN Purwokerto
10 Benny Ridwan, M.Hum FUAH IAIN Salatiga
11 Dr. H. M. Tahir, S.Ag., MM. FUAD IAIN Samarinda
12 Dr. H. Giyoto, M.Hum FITK IAIN Surakarta
13 Dr. M. Djidin, M.Ag FUAD IAIN Ternate
14 Dr. H. Abad Badruzzaman, Lc. M.Ag FUAD IAIN Tulungagung
15 Ahmad Sultra Rustan, M.Si STAIN Parepare
16 Prof. Dr. Misri A. Muchsin, MA FAH UIN Banda Aceh/Ketua ADIA
17 Dr. Setia Gumilar, M.Si FAH UIN Bandung
18 Prof. Dr. Sukron Kamil, M.Ag FAH UIN Jakarta
19 Dr. Hj. Istiā€™adah, M.A. FH UIN Malang
20 Dr. Nor Huda, M.Ag, MA FAH UIN Palembang
21 Dr. Imam Ghazali, MA FAH UIN Surabaya
22 Dr. H. Barsihannor, M.Ag FAH UIN Makassar