Ciputat, 2 Desember 2019 – Merangkai kata, meramu imaji dan menyusunnya merupakan keahlian yang belum tentu banyak orang bisa. Mahasiwa Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) yakni Hafizh Pragitya, berhasil terpilih menjadi juara dalam kategori cerita pendek terbaik di Festival Literasi Tangsel 2019.

Acara Festival literasi untuk generasi muda sudah menjadi agenda tahunan yang digalakkan oleh Pemerintah Walikota Tangerang Selatan (Tangsel). Tujuan dari acara ini adalah untuk kembali menumbuhkan literasi di kalangan anak muda terutama dalam hal minat baca dan menulis. Acara ini, merupakan wadah bagi para pegiat sastra di Tangsel.

Acara Festival Literasi Tangsel yang bertemakan “Pamali” ini kemudian diketahui oleh Hafizh dari seorang dosen di jurusannya, bernama Ahmad Zaky. Sebenarnya, Hafizh sudah mengumpulkan cerpen karyanya untuk diikutkan lomba sejak dari Oktober. Cerpen tersebut, juga bertema pamali.

Awalnya, Hafizh tidak menduga akan memenangkan lomba ini. Sebab, bagi dirinya tema dalam lomba kategori cerpen tersebut memang agak asing bagi dirinya sendiri. Mulailah, ia meminta saran dari berbagai teman dan kakak tingkat yang kiranya bagi Hafizh lebih mumpuni dalam bidang kesusastraan. Acara Festival Literasi Tangsel ini berlangsung dari 16 – 17 November 2019.

Hafizh Pragitya

Saat ditemui di Lantai 2, Kampus FAH Hafizh mengucapkan bahwa ia sangat berterima-kasih kepada orang-orang yang mendorongnya untuk ikut lomba ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman, kepada Festival Literasi Tangsel dan khususnya kepada pak Ahmad Zaky, dosen saya yang memberitahukan informasi tentang lomba cerpen ini.” Ucap Hafizh saat diwawancarai.

Dengan demikian, adanya juara dalam lomba kategori cerpen atau sastra ini menjadi stimulus untuk para mahasiswa Adab dan Humaniora khususnya para mahasiswa sastra agar mengembangkan kemampuan merangkai kata dan imajinya.

Reporter : Nasrulloh Alif

Editor : AY