كُلَّماخُطُّ سَطْراضاعَ سطرٌمِنْ عُمْرِى

“Setiap kali aku mengGORES sebuah GARIS, hilanglah satu BARIS umurku.”
(Sayid Ibrahim, Mesir)

Umur terdiri dari garis-garis. Ya, garis-garis kehidupan yang berjejal pandangan hidup, pegangan hidup, dan perjuangan hidup. Satu hentakan nafas adalah garis. Aktivitas makan adalah garis. Satu goresan PENA adalah satu BARIS. Hidup kita terdiri dari garis-GARIS PUTIH dan garis-GARIS HITAM.
Saat MENULIS atau MELUKIS, elemen garis menjadi bagian dari sebuah karya seni lantaran “semua gambar dan coret-cotetan dimulai dari TARIKAN GARIS”. Garis merupakan kumpulan atau deretan titik-titik, atau penghubung yang paling dekat antara dua titik. 〰▪➖💹 Jenis-jenis garis, di antaranya, adalah garis lurus, vertikal, horizontal, diagonal, melengkung, garis berayun, tebal-tipis, mendekat-menjauh, dan garis putus-putus.

Ah, betapa menariknya kala Nabi SAW juga bicara, menggambarkan unik-unik GARIS ini:

خط لنارسول الله صلى الله عليه وسلم خطّا ثم قال: “هذاسبيل الله” ثم خطّ خطوطاعن يمينه وعن شماله ثم قال: “هذه سُبل” قال يزيد “متفرقة على كل سبيل منها شيطان يدعوإليه” ثم قرأ: “إنّ هذا صراطي مستقيمافاتبعوه ولا تتبعواالسبل فتفرق بكم عن سبيله”. (رواه أحمدعن ابن مسعود)

“Rasulullah SAW mengGORES sebuah GARIS lurus bagi kami, lantas bersabda: “Ini adalah JALAN Allah,” kemudian beliau mengGORES garis-GARIS lain pada sisi kiri dan kanan garis tersebut, lalu bersabda: “Ini adalah jalan-jalan (yang berbeda-beda). Pada setiap jalan ada setan yang mengajak kepada jalan itu.” Kemudian beliau membaca: “Inna hadza…..” (“Dan bahwa yang Kami perintahkan ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan yang lain, karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya.” — QS Al-An’am/6: 153).
(HR Ahmad dari Ibnu Mas’ud)

 

Kita telah berani memilih hidup dengan segala resikonya. Sampai garis-garisnya terpupus bergantikan garis-garis berikutnya. Maka, garis pilihan seharusnyalah GARIS PUTIH yang mulus, saleh, dan menyelamatkan, sebagaimana goresan yang baik akan membawa kebaikan dan goresan buruk berakibat buruk pula.

خ ط ——— 〰▪✒🔸😆••

Gambar Aktivitas:

Suasana Pelatihan Dewan Hakim MTQ/STQ Kab. Bangka Selatan 2019, (14-16/3/2019), di Grand Marina Hotel, Toboali, Bangsel. Juri2 KALIGRAFI dilatih utk menambah wawasan & akurasi dalam penilaian.

 

(DidinSirojuddinAr•Lemka)