musywil

Berbicara mahasiswa tentu tidak terlepas dengan organisasi. Tak jarang kita jumpai mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi. Organisasi sebagai penyalur potensi diri, merupakan tempat untuk mengeluarkan pendapat, melatih untuk bekerjasama, berlatih untuk belajar membuka diri untuk bertemu orang banyak dari berbagai daerah, provisi, jurusan, dll. Organisasi membantu mahasiswa untuk proaktif, inisiatif dan mempunyai pandangan kedepan untuk meraih tujuan. Sehingga pentinglah mahasiswa untuk mengikuti organisasi.

Perkembangan perpustakaan dalam skala nasional tentu tidak luput dari perkembangan ilmu perpustakaan dan informasi (library and information science) yang dikembangkan sebagian besar akademisi di beberapa perguruan tinggi. Salah satu organisasi akademisi yang turut andil dalam perkembangan perpustakaan adalah Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII). HMPII terbentuk pada tanggal 1 Maret 2004. Pada tanggal 1 Maret 2004 di Unpad Bandung merupakan tanggal bersejarah yang dilaksanakan pada tanggal 29 Februari – 3 Maret 2004, sebab pada tanggal tersebut adalah awal mula eksitensi mahasiswa perpustakaan dan informasi dalam mengembangkan dan memperjuangkan keberdaan profesi pustakawan dan juga ahli informasi.

Setelah mati suri kini HMPII mencoba memulai kembalimembentuk kepengurusan baru, maka diadakanlah Muswil DPW II (Dewan Perwakilan Wilayah II) HMPII kini diselenggarakan pada tanggal 07 dan 08 Mei 2016 di UNINUS (Universitas Islam Nusantara), Bandung. Dihadiri oleh delegasi mahasiswa dari UPI (Universitas Pendiidikan Indonesia), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UNPAD (Universitas Padjajaran), dan UNINUS.

Pembukaan acara Musyawarah wilayah DPW II HMPII dimulai pukul 09.30 WIB di UNINUS acara dibuka oleh Ketua pelaksana kegiatan yaitu Aldimas Satria. Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Mahmudin selaku dosen UNINUS dalam sambutannya, bapak Mahmudin menyampaikan agar musyawarah dapat menghasilkan keputusan yang dapat mencapai cita-cita organisasi dan para calon pustakawan Indonesia. Sekaligus membuka acara MUSWIL DPW II.

Sementara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengirimkan empat mahasiswa untuk mengikuti acara muswil di Bandung yaitu Abil Ramandha, Oryza Ryzqullah, Linda Sari dan Rabiatul Adawiyah mahasiswa semester empat Prodi Ilmu Perpustakaan. Musyawarah ini akan membahas mengenai struktur kepengurusan HMPII Periode 2016-2017 dan program kerja selama beberapa tahun kedepan.

Acara ini berlangsung selama dua hari, pembukaan dilaksanakan di Ruang Pasca Sarjana Universitas Islam Nusantara dan kegiatan berlangsung di Villa Asalam, Puntang. Acara musyawarah dimulai pukul 14.00 WIB yang dipimpin oleh Dimas Ahmad E. Putra  mahasiswa UPI sebagai Sekretaris HMPII periode 2015-2016. Musyawarah diawali dengan memperkenalkan masing-masing anggota, memaparkan tentang kegiatan HMPII pada periode lalu dan mengenai struktur Dewan Perwakilan Pusat (DPP) yang telah dilaksanakan diPadang.

Pemilihan pengurus HMPII periode 2016-2017 diawali dengan pemilihan calon ketua dari beberapa kandidat yaitu Emir Kadafi mahasiswa UNPAD, Rabiatul Adawiyah mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Gilang Islam T Putro  mahasiswa UPI. Calon ketua memaparkan mengenai alasan mereka menjadi ketua, sesi tanya jawab, dan membuat program yang dapat menambah eksitensis HMPII. Hasil keputusan musyawarah memilih Emir Kadafi mahasiswa UNPAD sebagai Ketua HMPII DPW II untuk Periode 2016-2017 dan Rabiatul Adawiyah mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Sekretaris HMPII DPW II.  Rega Sri Siti Rehani mahasiswa UNINUS yang dipercaya untuk menjadi koordinator Litbang (Penelitian dan Pengembangan) di DPP (Dewan Perwakilan Pusat). Serah terima jabatan disematkan  oleh Dimas Ahmad E.

Musyawarah dilanjutkan setelah solat magrib dan gala dinner. Musyawarah selesai hingga pukul 22.30 WIB menghasilkan program kerja selama periode 2016-2017 untuk melakukan kunjungan di beberapa universitas, dan perencanaan Muswil yang selanjutnya akan dilaksanakan di UNILA. Acara ditutup dengan melakukan perjalanan ke wisata Gunung Puntang, Kabupaten Bandung  dan sesi foto bersama anggota HMPII.

Setelah sekian lama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti HMPII kini usaha kami membuahkan hasil. Rabiatul Adawiyah menduduki jabatan sebagai sekretaris HMPII untuk DPW II Periode 2016-2017 yang terdiri dari beberapa universitas yang masuk dalam kategori wilayah dua yaitu UI, UNPAD, UPI, UIN Syarif Hidayatullah, Yarsi, dan UNINUS. Semoga dengan adanya posisi kepengurusan dari salah satu mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bisa menambah eksistensi kampus UIN Syarif Hidayatullah. [Linda Sari]