Ciputatat – Gedung FAH, Fahmi Umar, salah satu mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) memenangkan penghargaan The Best Delegate Asia Youth International Model United Nation (MUN) yang berlangsung pada, Sabtu-Selasa (3-6/11), di Prince palace Hotel Bangkok, Thailand.
Fahmi sapaan akrabnya ini, menceritakan tentang alasan ia tertarik mengikuti Asia Youth International Model United Nation (MUN), “yang pertama saya mau mengembangkan diri sendiri, kebetulan saya punya passion di public speaking dan melatih bahasa inggris yang menurut saya bahasa ini sangat penting di zaman sekarang, dan saya ingin membuktikan bahwa di acara MUN sendiri tidak diharuskan dari latar belakang yang sesuai, tidak memungkinkan jurusan lain tidak bisa mengikuti acara ini”. Ujarnya penuh semangat
Ia juga mengatakan dalam simulasi sidang Asia Youth International Model United Nation (MUN), peserta dilatih memainkan peran sebagai Diplomasi dari berbagai Negara yang di representasikan, dalam aksinya tersebut Fahmi Umar melewati alur kegiatan yang diadakan dalam simulasi sidang tersebut, salah satunya ia terpilih menjadi delegasi dari Republik Ceko “sebelum konferensi kita disuruh melakukan penelitian atau position paper, kita riset dulu mengenai negara kita terhadap isu tersebut”. Paparnya dengan bijak.
Atas perolehan penghargaan tersebut, tentu saja perasaan senang dan gembira hadir di raut wajahnya saat pertanyaan akhir yang ia berikan dalam bentuk kepuasan “bangga banget, karena saya habiskan waktu satu bulan buat penelitian, saya harus pergi kemana-mana bareng pelatih, sampai hari acara simulasinya, saya keluarin apa yang sudah saya pelajari, dan hasilnya ternyata tidak bisa diprediksi, dan diakui menjadi the Best Delegate”. Ujarnya gembira sekaligus mengakhiri sesi wawancara (Novia)