Sejak tahun 2011, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membuka program Magister untuk Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI). Kini, Prodi Magister BSA sedang dalam tahap menunggu hasil visitasi akreditasi BAN-PT yang telah dilaksanakan pada 9 Juni 2014 lalu, sedangkan Prodi Magister SKI masih menunggu jadwal visitasi dari BAN-PT.

 

Ketua Program
Dr. Abdullah, M.Ag.

Sekretaris Program
Dr. Adib Misbachul Islam, M.Hum

 

Status Akreditasi: Dalam Proses (BAN-PT)

 

========== 

VISI

Menjadi Program Studi berbasis riset multidisipliner yang unggul dalam bidang bahasa dan sastra Arab serta berperspektif Islam Nusantara.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Arab melalui pendekatan multidisiplin.
  • Menyelenggarakan penelitian terkait bahasa dan sastra Arab dengan pendekatan multidisiplin dan atau dalam hubungannya dengan konteks sejarah dan kebudayaan Islam Nusantara.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa dan Sastra Arab baik untuk kebutuhan akademik maupun profesional.

TUJUAN
Program Studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat mengkombinasikan antara pengetahuan bahasa dan sastra Arab dengan pengetahuan tentang dunia Arab dan Islam Nusantara.

KOMPETENSI LULUSAN

  • Lulusan memiliki kemampuan berdiskusi mengenai berbagai disiplin ilmu yang terkait dnegan bahasa dan sastra Arab.
  • Lulusan memiliki kemampuan melakukan riset terkait bahasa Arab dalam konteks sejarah, kebudayaan, sastra, politik, dan tradisi intelektual Islam baik di dunia Arab maupun Nusantara.
  • Lulusan mampu melaksanakan pengabdian masyarakat berdasarkan pada keahliannya di bidang bahasa dan sastra Arab.