Ketua Jurusan          : Pungki Purnomo, M.LIS
Sekertaris Jurusan : Mukmin Suprayogi, M.Si

Program Studi Ilmu Perpustakaan

 

Status Akreditasi: A (BAN-PT) No SK: 0126/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017


SEJARAH

Pada tahun 2011, Program Studi Ilmu Perpustakaan telah terakreditasi B dengan nilai 324 berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 027/BANPT/AkXIV/S1/IX/2011 yang berlaku sampai dengan 29 September 2016.

  

VISI

Menjadi program studi ilmu perpustakaan dan informasi terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2020 yang berbasis integrasi dan kontekstualisasi ilmu

 

MISI

  1. “Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi untuk menghasilkan komunitas cendikiawan yang memiliki kepakaran dalam melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kerja”.
  2. “Melaksanakan penelitian berskala nasional maupun internasional dalam menemukan, mengembangkan dan menerapkan pengetahuan di bidang perpustakaan dan informasi yang berbasis kontekstual dan integrasi keilmuan, keindonesiaan dan keislaman;
  3. “Menghubungkan dunia akademisi dan praktisi untuk memberi kontribusi nyata bagi pengembangan masyarakat yang berbasis pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi”.

 

TUJUAN

Menghasilkan sarjana strata satu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang inovatif dan responsif terhadap perubahan sosial serta berakhlak mulia.

 

KOMPETENSI LULUSAN

  • Lulusan kompeten dalam mengelola (managing), mengorganisasi (organizing) sumber-sumber informasi, dan melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi (Pustakawan).
  • Lulusan kompeten dalam memberikan konsultasi manajemen, pengembangan dan pengelolaan lembaga informasi manual dan digital (Konsultan/library & information consultant).
  • Lulusan kompeten dalam memberikan materi pelatihan perpustakaan dan informasi (Instruktur/instructor).
  • Lulusan kompeten dalam mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi modern (Manajer informasi/information manager).
  • Lulusan mampu memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi (Peneliti.
  • Lulusan kompeten dalam melakukan pengelolaan arsip dan rekod (record management) (Arsiparis/Archivist).