Yusril Fahmi (Ketua Departemen Keislaman HMJ SPI) dan Narasumber Maryulisman mantan aktivis Lembaga Dakwah Kampus (LDK)

Ciptat, Senin, 30 September 2019 – Departemen Keislaman Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam (HMJ SPI) untuk pertama kalinya menggelar kajian keislaman dengan tema “Mengimplementasika Nilai-nilai keislaman dalam Dunia Perkuliahan” sekaligus buka bersama Puasa Sunnah hari Senin di teater Abdul Ghani lantai 5 FAH.

Kajian yang diisi oleh Maryulisman mantan aktivis Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dan Yusril Fahmi selaku Ketua departemen keislaman HMJ SPI periode 2019, bertujuan untuk meningkatkan dan menyegarkan kembali pemahaman seputar ibadah dan dasar-dasar Islam pada mahasiswa, dengan metode ceramah.

Dalam dunia perkuliahan tentu keberadaan aktivis tidaklah sedikit, dengan banyaknya acara dan kegiatan yang dilakukan pasti banyak menguras tenaga dan waktu. Menurut Yusril, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk mengabaikan ibadah sehari-hari seperti sholat khususnya.

“Mengingatkan kewajiban untuk beribadah kepada para mahasiswa terutama aktivis-aktivis kampus yang sibuk dengan berbagai aktivitas, maka kita perlu merefresh seputar dasar-dasar keislaman, seperti sholat, dengan mengikuti sunnah nabi; sholat tepat waktu, sholat di masjid, dan sholat berjamaah” paparnya.

Para Peserta Kajian Keislaman

Ia berharap agar mahasiswa dapat mengamalkan apa yang sudah dipahami, sehingga pemahaman teori saja tidak cukup, melainkan harus dibarengi dengan praktek dalam dunia perkuliahan dan rutinitas sehari-hari.

Wakil Ketua HMJ SPI, Nurhasib, bersama Marluyisman (Narasumber) dan Yusril Fahmi (Ketua Departemen Keislaman HMJ SPI)

Kajian tersebut dihadiri oleh banyak mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas, di antaranya Fakultas Dakwah dan Kumonikasi & Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Menurut pengurus HMJ SPI, acara serupa akan terus berlanjut hingga akhir kepengurusan, karena kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Departemen Keislaman HMJ SPI.

Reporter: Anis Pitriani

Editor: AY