Gedung GAH, FAH News – Dalam menjalankan fungsi organisasi perlu kiranya melakukan perbandingan antara satu organisasi dengan organisasi lain, agar kedepannya ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki ataupun ditingkatkan demi tercapainya tujuan organisasi tersebut. Begitupun dengan HMJ Bahasa dan Sasatra Arab (BSA) IAIN Cirebon yang melakukan kunjungan ke HMJ BSA UIN Jakarta, Senin (1/10/2018).

Bertempat di ruang rapat Dekanat lantai 2 Fakultas Adab dan Humaniora, pertemuan kedua organisasi kemahasiswaan ini tampak begitu harmonis, canda tawa yang menghiasi seisi ruangan tidak lantas menghilangkan kesan formal serta serius yang dibawakan oleh keduanya. Kunjungan ini adalah inisisasi dari HMJ BSA IAIN Cirebon yang pada tahun ini merupakan periode pertamanya dan baru akan dibentuk bulan depan.

Sambil menyelam minum air, mungkin itulah pribahasa yang tepat untuk menggambarkan posisi HMJ BSA IAIN Cirebon ini ketika melakukan kunjungan ke HMJ BSA UIN Jakarta. “Mereka kebetulan sedang mengikuti lomba ALF PBA yang diadakan di Fakultas Tarbiyah UIN Jakarta, jadi tidak ingin menyianyiakan kesempatan hanya untuk mengikuti lomba tapi juga ingin mendapat jaringan serta ilmu baru di UIN Jakarta,” uungkap Dinda, Wakil Ketua HMJ BSA UIN Jakarta.

Kedua Organisasi Kemahasiswaan ini saling mengapresiasi, baik dari segi kegiatan yang sudah atau akan dilakukan HMJ BSA UIN Jakarta maupun langkah kongkrit yang diambil HMJ BSA IAIN Cirebon untuk mendapatkan pengetahuan lebih serta referensi untuk menjalankan roda organisasi kedepannya. Meskipun dalam kunjugan ini agak kesulitan dalam melakukan diskusi mendalam terkait proker terbaik untuk BSA, kendati begitu pihak HMJ BSA mewajarkan hal ini karena HMJ BSA IAIN Cirebon baru akan dibentuk bulan depan. Dinda berharap akan ada pertemuan kembali antar dua HMJ ini dengan membawa gagasan dan inovasi baru guna meningkatkan dan menumbuhkan minat bakat mahasasiwa BSA.