Ruang Teater, FAH NEWS – Filantropi Indonesia bekerja sama dengan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta mengadakan Workshop Philantrophy Learning Forum Goes To Campus yang bertemakan “Millenial Philantrophy : Sharing in CollaborAction”. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari berbagai jurusan serta beberapa mahasiswa universitas lain, bertempat di Ruang Teater, Rabu (24/10/2018).

Kegiatan ini diadakan agar mahasiswa memahami arti filantropi dan melatihnya lebih kritis terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di Indonesia. Salah satu contohnya yaitu dengan menjadi volunter dalam sebuah organisasi tertentu.
Sita Supomo, selaku Narasumber dalam forum ini menjelaskan langkah awal jika mahasiswa ingin menjadi volunter, ialah dengan cara melihat kemampuan yang mereka miliki. Jika memahami bidang keuangan, bisa mencari organisasi yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Ia juga berharap agar mahasiswa yang sudah mengikuti forum tersebut dapat memulai berdikusi dari kelompok yang kecil dan mencari kesamaan minat serta berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Filantropi Indonesia yaitu Indonesia Philantrophy Festival yang akan diadakan pada tanggal 15 – 17 November 2018 di Jakarta Convention Center.

“Kalau nggak tau mulai darimana, mungkin disana akan dapat ide-ide yang bisa membangkitkan semangat agar lebih tertarik menjadi volunteer,” ujarnya.

Fernando, salah satu peserta mengatakan alasannya tertarik mengikuti kegiatan ini, karena Filantropi Indonesia ini merupakan salah satu penyedia acara lomba untuk para mahasiswa agar bisa membuat sistem digital, seperti membuat aplikasi dan untuk non digital seperti bakti sosial, zakat dan lainnya. Ia juga mengatakan bahwa sebagai mahasiswa itu penting menjadi seorang volunter. “Penting sih jadi volunter, tujuan nya kan untuk membantu sesama dan menolong orang lain. Bukan hanya dengan omongan, tapi dilakuin juga” pungkasnya.
(Bella)