Ciputat – Rabu, 02 Oktober 2019, Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam (Prodi SPI) merayakan hari Batik Nasional dengan mengadakan Fashion Show di lantai tiga Kampus FAH dengan mengusung tema “Milenial Berbatik”. Kegiatan ini merupakan acara yang dipelopori oleh Kepala Prodi SPI, Awalia Rahma sebagai bentuk apresiasi pada mahasiswa SPI yang telah konsisten memakai Batik di setiap hari senin.

Dr. Ida Farida, MLIS (Wakil Dekan Bidang Akademik FAH)

Wakil Dekan Bidang Akademik, Ida Farida dalam sambutannya, mengapresiasi acara yang dilaksanakan setelah jam perkuliahan selesai, ia berharap kegiatan ini mampu mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa, dan juga ia berpesan pada generasi milenial terutama mahasiswa sejarah agar mampu melihat batik lebih luas.

Muhammad Isna (Abang Favorit Jakarta 2019)

Muhammad Isnani, Abang Favorit Jakarta 2019 selaku juri Fashion Show memberikan pengarahan tata cara berjalan di catwalk berdasarkan pengalamannya mentas di Abang None Jakarta. Ia mengatakan, “Ekspresi dan keserasian sangat penting dalam perlombaan ini, selain itu peserta juga wajib menjelaskan Batik yang dikenakannya, baik darimana asalnya dan juga alasan memakainya, serta mengapa mereka bangga dengan Batik Indonesia.” pungkas isna.

Evan Giri (Mahasiswa SPI 7) Salah seorang peserta Fashion Show

Menurut Evan Giri mahasiswa SPI semester 7, salah satu peserta lomba Fashion Show mengatakan bahwa ia bangga memakai Batik karena warisan dunia, selain itu Batik juga sebagai cermin menjadikan sosok yang pandai berterima kasih kepada leluhur bangsa. “Dengan memakainya juga sudah ikut serta dalam melestarikan budaya, serta membangkitkan semangat nasionalisme. Karena batik saat ini sudah bebas dipakai oleh kalangan masyarakat manapun, dengan memakai batik juga membantu perekonomian masyarakat Indonesia.” tutur Evan.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa SPI, menurut Rizaldi Rahardian Ketua HMJ SPI, perayaan ini merupakan pertama kalinya diadakan, walaupun dengan konsep yang sangat sederhana, namun tetap mendapat antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa SPI. Pada akhir acara diumumkan pula para pemenang lomba, yang di antaranya diraih oleh Juara 1 (smt 5 kelas D), Juara 2 (smt 1 kelas A), dan Juara 3 (smt 3 kelas B).

Reporter: Anis Pitriani

Editor: AY