Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta merencanakan perhelatan akbar budaya Islam Nusantara dengan sandi “Festival Budaya Islam Nusantara 2014” selama sepekan pada tanggal 13-17 Oktober 2014 di Aula Student Centre UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prof. Dr. Oman Fathurahman, M.Hum selaku dekan dalam berbagai kesempatan mengampanyekan visi Fakultas “menuju e-faculty bersis riset dan berkarakter Islam Nusantara”. Menyahuti visi ini, kalangan dosen merasa terpanggil untuk ikut serta mengambil bagian dari pencapaian visi ini, diantaranya adalah Didin Sirojuddin AR. Menurut Didin, yang populer di dunia kaligrafi nasional dan internasional ini, karena Fakultas Adab dan Humaniora telah menetapkan diri dengan distingsi “Islam Nusantara” sebagai jualannya, maka perlu melakukan kegiatan-kegiatan promosi yang bersifat masif dan efektif. Dalam kaitan ini, Didin mengambil inisiatif mengadakan pekan festival budaya Islam Nusantara ini. Menurut Pimpinan Pesantren Kaligrafi “LEMKA” ini, Festival Budaya Islam Nusantara ini bertujuan untuk:

  1. Mempromosikan budaya Islam Nusantara yang moderat dan akomodatif dengan budaya lokal.
  2. Menguatkan hubungan dengan budaya Islam Timur Tengah.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders dan lembaga-lembaga kebudayaan Islam di dalam dan luar negeri.
  4. Menguatkan posisi Fakultas Adab dan Humaniora dengan distingsinya sebagai pusat kajian Islam Nusantara.

Kegiatan festival ini mencakup seminar nasional yang menghadirkan para narasumber yang kompeten. Seminar ini tetap mengusung tema Budaya dan Islam Nusantara, yaitu:

  1. Prospek Bahasa Arab Dalam Menghadapi AFTA 2015
  2. Penerjemahan dan Diplomasi Internasional sebagai Ajang Promosi Islam Nusantara
  3. Pustaka Islam Nusantara Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi Informasi Modern
  4. Sastra Islami di dunia Barat.

Selain seminar, Festival ini juga menampilkan pameran, di antaranya Pameran Kaligrafi dan Lukisan Islami; Pameran Foto Dokumenter; Pameran Artefak Sejarah dan Arkeologi Islam; Pameran Museum Digital Manuskrip Islam Nusantra; dan Budaya Islam Timur Tengah.

Di samping itu, Festival ini juga dilengkapi dengan berbagai atraksi seni budaya Islam, seperti Pagelaran Puisi Arab, Folk Song Timur Tengah, Islamic Fashion Show. Untuk mengenalkan profil Fakultas kepada kalangan sekolah, madrasah dan pesantren, Panitia juga mengadakan lomba-lomba, di antaranya Lomba Kaligrafi, Lomba Menulis Esay Ilmiah Populer, Lomba Desain Web dan Logo, Lomba Baca kitab kuning, dan Lomba Pidato dalam bahasa Arab dan Inggris

Seluruh rangkaian kegiatan ini melibatkan semua program studi yang berada di Fakultas Adab dan Humaniora, baik tingkat strata satu (S1) maupun strata dua (S2). Rencananya, festival ini akan diadakan secara rutin oleh Fakultas Adab dan Humaniora setiap tahun. [ZA]