Ciputat, FAH News – Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengunjungi kota Batam untuk melakukan sosialisasi dan promosi kampus. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari, sejak Senin, 19 November hingga Rabu, 21 November 2018 dengan mendatangi empat lembaga pendidikan tingkat atas disana. Acara sosialisasi dan promosi ini di lakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Batam, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Batam, Pondok Pesantren Darul Falah, dan Pondok Pesantren Imam Syafi’i Batam. Dalam kegiatan kali ini FAH menurunkan 9 orang anggota tim sosialisasi yang terdiri dari pimpinan, staf dekanat, perwakilan prodi, dan kaur perpustakaan. Sosialisasi ini langsung dipimpin oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Prof. Dr. Sukron Kamil bersama Kabag TU FAH, Feni Arifiani, M.H, dengan membagi sembilan orang tadi menjadi dua tim yang masing-masing terdiri dari 4 dan 5 orang dan tersebar di empat sekolah diatas.

Menurut Feni Arifiani, selaku ketua tim sosialisasi kegiatan ini dilakukan dalam rangka upaya pengenalan Fakultas Adab dan Humaniora dan kampus UIN Syarif Hidayatullah kepada sekolah-sekolah di pulau terluar NKRI . Sasaran dalam sosialisasi ini adalah para siswa-siswi kelas XII, namun pada pelaksanaannya tak sedikit pula anak-anak kelas X dan XI juga antusias mengikuti acara ini. “Materi dalam sosialisasi ini di antaranya adalah informasi perihal fakultas dan program studi, sistem seleksi masuk, biaya perkuliahan, beasiswa, dan kegiatan kemahasiswaan. Disamping itu juga dipaparkan beberapa sarana penunjang kegiatan akademik, termasuk sistem perkuliahan di perguruan tinggi.” ujarnya.

Acara sosialisasi dilakukan selama 3 hari, pada hari pertama tim mengunjungi MAN 1 Batam dimana para peserta menyambut dengan antusias kedatangan tim sosprom dari FAH. Total 8 kelas dari gabungan IPA dan IPS disatroni oleh tim dengan membagi masing-masing 2 orang di tiap kelasnya. Hari kedua giliran Pondok Pesantren Darul Falah, disini sosprom dihadiri tak hanya oleh kelas XII namun juga dihadiri anak kelas X dan XI. Selanjutnya di hari ketiga jadwal sosprom dipadati dengan berkunjung ke Pondok Pesantren Imam Syafi’i pagi harinya dan MAN 2 Batam di siang hari. “Respon para siswa/siswi dan guru-guru amat positif, mereka begitu khidmat dan fokus dalam menyimak pemaparan yang disampaikan.” tutur Yusuf, salah seorang staf dekanat FAH yang ikut  dalam rombongan sosprom.

Sukron Kamil, selaku Dekan FAH menambahkan bahwa tujuan dilakukannya sosprom ke pulau Batam ini merupakan salah satu langkah dalam menjangkau output mahasiswa untuk pulau terluar di Indonesia. “Bagi kita, Batam ini merupakan wilayah atau kota yang strategis. Terletak di perbatasan antar wilayah penghubung di Asia Tenggara, Singapura dan Malaysia misalnya. sSudah tentu ke depan kita membutuhkan generasi yang unggul dalam berbagai bidang. Kita hadir disini dalam upaya mewujudkan itu, mengenalkan FAH dan UIN Jakarta secara umum, tidak setengah-setengah atau hanya lewat framing media yang kadang tidak utuh.” ungkapnya.

 

Berdasarkan catatan, sekolah atau pondok pesantren yang dikunjungi kali ini juga merupakan salah satu unggulan dan siswa-siswinya cukup berprestasi. MAN 1 dan 2 misalnya rutin mengikuti kejuaraan lomba MTQ, nasyid dan cerdas cermat di tingkat nasional. Lalu Ponpes Imam Syafi’i yang juga sering mewakili Batam dalam lomba debat, MTQ dan Qiroatul Qutub tingkat nasional.