FAHUINJKT, mengadakan workshop professorship dalam rangka meningkatkan jumlah profesor sebagai upaya penguatan kelembagaan. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai pada tanggal 6 hingga 10 Agustus 2018, bertempat di Wisma Adhyaksa Resort, Cisarua-Puncak, Bogor, Jawa Barat. Dalam sambutannya, Prof. Yusran Razak menyampaikan pentingnya integrasi ilmu pengetahuan, demi eksistensi program studi dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Prof. Yusran, memberikan sambutan dalam pembukaan workshop

Workshop Professorship kali ini mengambil tema “Peningkatan Jumlah Professor sebagai Upaya Penguatan Kelembagaan Fakultas Adab dan Humaniora”. Tujuan kegiatan ini sebagai bagian dari strategi fakultas dalam mempertahankan dosen-dosen yang telah mendekati masa pensiun, dengan mendorong para Dosen yang telah bergelar Doktor untuk dapat mengajukan kenaikan pangkat profesor. Sehingga akan menambha jumlah guru besar dan memperpanjang masa mengajar mereka tentunya.

Hadir sebagai pembicara, dua orang dengan reputasi publikasi yang baik. Pertama, Herry Mulyono, Ph.D, ia memberikan materi terkait pengalaman dan kaidah publikasi ilmiah dari mulai pengetahuan jurnal internasional hingga prakteknya. Selanjutnya, yang kedua adalah Prof. Al Makin, Ph.D salah satu Prof. termuda di Indonesia yang mengelola Jurnal terindeks Scopus Jurnal Al Jamiah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Al Makin yang konsen dengan pengembangan tulisan dan Publikasi ilmiah terakreditasi dan bereputasi ini menyampaikan materi tentang teknik dan strategi penulisan artikel di jurnal internasional bereputasi. Ia dihadirkan guna membantu para peserta agar tidak merasa kesulitan dalam hal menulis dan publikasi. Keduanya tampil dihadapan sekitar 13 orang peserta yang merupakan dosen-dosen FAH, selain pemaparan materi dari dua orang narasumber tersebut, para peserta pun dibimbing dalam menulis artikel dan penyelesaian proposal disertasi.  Sehingga harapannya para dosen yang sudah mengikuti kegiatan workshop ini dapat menjadi profesor dengan kualitas publikasi internasional. (AY)