Luar biasa, itu ungkapan yang pas untuk menyatakan capaian prestasi akreditasi prodi-prodi FAH tahun 2016, yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Semua prodi: Tarjamah (TAR), Sejarah dan Peradaban Islam (SPI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Ilmu Perpustakaan (IP) memperoleh nilai A.  Prestasi tersebut melengkapi apa yang sudah dicapai oleh SKI dalam sertifikasi prodi tingkat internasional yang dilakukan oleh Asean University Network Quality Assurance (AUN QA), juga pada tahun 2016. Proses persiapan pengajuan akreditasi ulang untuk semua prodi dimulai pada Januari-Agustus 2016 dengan melibatkan semua pihak, baik langsung maupun tidak langsung.

Memasuki awal tahun 2016, Sukron Kamil, Dekan FAH menetapkan Pelaksana Tugas (Task Force) untuk mempersiapkan borang akreditasi BAN PT dan borang sertifikasi AUN QA  beserta seluruh kelengkapannya. Task Force prodi dipimpin oleh masing-masing ketua prodi dan sekretarisnya. Prodi Tarjamah dikomandani oleh Syarif Hidayatullah dan Rizqi Handayani; prodi SPI oleh Nurhasan dan Sholikatus Sa’diyah; prodi BSA oleh M. Husni Tamrin dan Minaturrohim; Prodi IP oleh Pungki Purnomo dan Mukmin Suprayogi, prodi BSI oleh Saefuddin dan Elve Oktaviyani, dan Prodi Magister BSA oleh Abdullah dan Adib Misbachul Islam. Adapun untuk penyusunan borang FAH, dibentuklah task force tersendiri yang dipimpin oleh Muhammad Farkhan. Selain itu, untuk mendukung data-data tentang kemahasiswaan, dibentuk juga tim kecil yang dipimpin oleh Zubair, wadek bidang kemahasiswaan, dan tim kecil untuk data administrasi dan kepegawaian dipimpin oleh Yaniah Wardani, wadek bidang administrasi dan kepegawaian.

Selama persiapan dan penyusunan borang, Sukron Kamil, Dekan FAH mendorong semua tim untuk berkerjasama dan menempatkan kepentingan akreditasi dan sertifikasi di atas urusan lainnya. Oleh krena itu, M. Farkhan, selaku wadek bidang akademik, mengadakan pertemuan rutin setiap hari Selasa untuk membahas seluruh detail borang, sehingga tim mampu menyusun borang secara baik sesuai dengan apa yang diminta oleh BAN PT. Pertemuan koordinatif ini dimanfaatkan pula untuk mengundang asesor internal UIN Jakarta untuk melihat kekurangan borang yang sudah disusun, termasuk pula masukan-masukan berasal dari anggota Lembaga Penjamin Mutu UIN Jakarta.

Alhamdulillah setelah proses penilaian oleh asesor BAN-PT, telah keluar nilai akreditasi A untuk semua program studi. Nilai A merupakan pahala yang takternilai harganya bagi kami sebagai Petugas Pelaksana penyusunan borang prodi dan fakultas. Mudah-mudahan capain nilai akreditasi memberikan dorongan semangat yang lebih besar untuk mengembangkan FAH dalam menghadapi tantangan global. M.F.