img_9532Bogor. FAHIM. Perkuliahan semester ganjil yang baru berjalan 3 minggu kembali dimeriahkan oleh acara perkenalan jurusan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Inggris (BSI), Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini dinamakan English Letters Department (ELD) Camp.

Penyelenggaraan ELD Camp dilaksanakan pada tanggal 26-28 September 2014, bertempat di Villa Pondok Lawu, Cisarua, Bogor. Seperti namanya, acara ini dikemas dalam bentuk perkemahan. Pelaksanaan program acara dikemas secara outdoor maupun indoor.

Dalam acara ini, peserta yang merupakan mahasiswa baru di jurusan BSI diperkenalkan lebih luas dan mendalam mengenai aktifitas akademik yang akan mereka jalani selama studi di jurusan BSI. Pengenalan aktifitas akademik tersebuat meliputi disiplin ilmu Literature, Linguistics, dan Translation. Selain itu, di tahun ini panitia menyisipkan training motivasi dan sharing alumni sebagai bagian dari program acara ELD Camp 2014.

Seperti pelaksanaan ELD Camp di tahun-tahun sebelumnya, para pemateri yang dihadirkan oleh panitia adalah bagian dari alumni jurusan BSI FAH sendiri. Untuk materi linguistics dipresentasikan oleh Badridduja, translation oleh Deden Iskandar, dan literature oleh Akhmad Zakky. Sedangkan training motivasi diberikan oleh Kevin Pratama, dan sharing alumni oleh Yosef Bani Ahmad.

“Salah satu alasan menjadikan alumni sebagai pemateri pada setiap program acara ELD Camp tahun ini adalah memperkenalkan mahasiswa baru dengan alumni, walaupun tidak dengan semua alumni BSI. Alasan lainnya adalah mendekatkan mahasiswa baru dengan seluruh mahasiswa jurusan BSI. Jadi, silaturahmi tetap terjalin mulai dari mahasiswa baru sampai dengan alumni.” ujar Ayif Amrullah, ketua HMJ BSI.

Selain diisi oleh program acara yang bertujuan mengenalkan studi di jurusan BSI, ELD Camp juga diisi oleh Malam Apresiasi Seni yang memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menampilkan bakat kesenian mereka. Kegiatan ini juga merupakan ajang refreshing bagi para peserta setelah mengikuti setiap program yang ada dalam ELD Camp 2014.

[AA][AFR]

FAHIM Maju