Duta Besar Omman, Nazr bin al-Jalandi bin Majid Ali Said menyampaikan kuliah umum dengan tema “Al-Lughah al-Arabiyah al-Haditsah wa ‘Alaqatiha bi al-Tsaqafah al-‘Arabiyah” (Bahasa Arab Modern dan hubungannya dengan Peradaban Bangsa Arab” , Senin, 9/10/2017 di ruang teater FAH. Dubes Omman yang pada dua tahun sebelumnya juga pernah menghadiri Hari Bahasa Arab Se-Dunia di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Muhammad Husni Tamrin, selaku Ketua Program Studi Bahasa dan Sastara Arab FAH, menyampaikan bahwa mahasiswa BSA harus mendapatkan langsung informasi tentang dunia Arab dari sumber aslinya. Untuk itu, Prodi BSA akan terus berusaha mendatangkan duta besar Arab yang ada di Jakarta untuk berbagi informasi dengan mahasiswa UIN Jakarta.
Sementara itu, Duta Besar Republik Mesir, Amr Mu’awwadh pada tanggal 26 Oktober 2017 juga berbagi wawasan kearaban Mesir dengan mahasiswa FAH, khususnya Prodi BSA. Melalui tema “Daur Mishr fi al-Tsaqafah al-‘Arabiyah al-Haditsah” (Peranan Mesir dalam Peradaban Arab Modern), Duta Besar tersebut bercerita tentang adanya pusat-pusat peradaban ilmu di Mesir, khususnya berkaitan dengan perpustakaan besar seperti Al-Ahram, Perpustakaan Iskandariyah, dan lain-lain.


Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kesedian Duta Besar untuk hadir dan memberikan kuliah umum di FAH. Selain dihadiri mahsiswa BSA, kegiatan ini juga dihadiri oleh para pejabat dekanat, jurusan, dan dosen di lingkungan Fakutlas Adab dan Humaniora. Muhammad Husni Tamrin kembali memenuhi janjinya untuk selalu menghadirkan tokoh-tokoh Timur Tengah untuk memberikan informasi tentang Bahasa dan Sastra Arab dari sumber aslinya. [ZA]