Jakarta, 15/11/2017

Melalui kerjasama dengan Fakultas Linguistik Universitas Malaya Malaysia,  Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan International Conference on Culture and Language in Southeast Asia (ICCLAS) pada 14-15 November 2017 ini mengangkat tema “Islam and Identity of Southeast Language and Culture” di Jakarta.

Alasan utama dilaksanakannya konferensi ini adalah karena Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menetapkan artikel terindeks pada lembaga  internasional sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas dan fakultas. Untuk itu, para dosen UIN Jakarta, khususnya Fakultas Adab dan Humaniora dituntut menulis artikel tersebut.

Untuk itu, panitia menjalin kerja sama dengan penerbit Atlantis Press untuk menerbitkan Prosiding yang diindeks oleh Thomson Reuters. Untuk itu, menurut Dr. Moch. Syarif Hidayatullah selaku ketua panitia, semua artikel harus diseleksi oleh reviewer sebelum dipresentasikan dalam konferensi. “Ada sekitar 115 artikel yang masuk ke panitia, tetapi hanya 81 artikel yang lolos dari reviewer”, katanya. “Dari 81 artikel tersebut hanya yang dipresentasikan oleh penulisnya yang akan dikirimkan ke Atlantis Press. Selanjutnya, Atlantis Press akan melakukan review ulang agar dapat Terindeks oleh Reuter Thomson, lanjut Hidayatullah (16/112017).

Menurut Dr. Muhammad Farkhan, selaku wakil dekan, konferensi ini merupakan wadah bagi para dosen FAH untuk terlibat dalam ajang temu ilmiah internasional, sekaligus kesempatan memiliki artikel terindeks internasional. “Sekitar 40 artikel yang lolos adalah karya dosen FAH,”  lanjut Farkhan. Artikel lainnya berasal dari berbagai Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri. Semua artikel ditulis dan dipresentasikan dalam bahasa Inggris.
Keynote dan invited speaker yang hadir adalah:
1. Assoc .Prof. Dr. Su’ad Binti Awwab (University of Malaya, Malaysia)
2. Assoc. Prof. Dr. Chiara Formichi (Cornell University, USA)
3. Dr. Matthew Piscioneri (Monash University, Australia)P

4. Prof. Dr. Azyumardi Azra (UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta)

5. Dr. Sharifah Munirah Syed Hussein Alatas (National University of Malaysia)

6. Assoc. Prof. Madya Dr. Faridah Noor Mohd Noor
7. Prof. Dr. James J. Fox (Australia National University College of Asia and the Pacific, Australia)
8. Prof. Dr. Sukron Kamil (State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta)

9. Amelia Fauzia, Ph.D (National University of Singapore) [ZA]

Berita terkait :

FAH UIN Jakarta Gelar ICCLAS 2017