Gedung FITK, Fah News- Kelompok Debat bahasa Arab jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta berhasil menjadi juara satu dalam acara Arabiah Lil Funun (ALF) 2018. Acara tersebut diselenggarakan oleh jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Jakarta. Lomba debat tersebut berlangsung selama dua hari, pada hari Selasa (02/10/2018) dan Jumat (05/10/2018). Berlokasi di teater lantai satu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan (FITK).

Acara tersebut diikuti oleh 12 instansi nasional dan internasional, seperti Ar-royah, Institut Agama Islam (IAI) Dalwa, UIN Bandung, Universitas Putra Malaysia (UPM), dan universitas lainnya. Masing-masing perguruan tinggi mendelegasikan tiga orang untuk mengikuti event tersebut. Kelompok debat jurusan BSA UIN Jakarta diwakili oleh Ikhlashul Amalludin, Mahbubi dan Nunu Nurhasan. Kelompok tersebut berhasil mengalahkan kelompok Ar-royah, pemenang debat ALF tahun lalu.

Ikhlas mengaku senang atas kemenangan timnya, karena ini pertama kali ia mendapatkan juara pertama dalam debat bahasa Arab. “Saya sangat senang, tak menyangka, apalagi buat saya pribadi ini adalah kali pertama saya menyabet juara satu”, ujarnya. Ia juga menuturkan bahwa kemenangan ini untuk membawa nama harum BSA dan berharap kedepannya ada regenerasi dalam kontes debat bahasa Arab tersebut.

Kemenagan tersebut adalah prestasi yang membanggakan bagi jurusan BSA. Hal itu menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas bahasa Arab mahasiswa BSA. Dan menjadi bukti bahwa tim debat bahasa Arab BSA mampu bersaing dalam kancah nasional dan internasional.

Seperti yang diungkapkan Riko Adrian salahsatu mahasiswa BSA turut gembira atas pencapaian debat bahasa Arab BSA. “Prestasi ini 100% penting bagi jurusan sebagai role model untuk meningkatkan kualitas bahasa Arab mahasiswa BSA dan juga untuk meyakinkan pihak jurusan untuk mendukung penuh tim debat BSA”, papar Riko.
(Dinda P)