Ketua Jurusan         : M.Husni Thamrin, M.A
Sekertaris Jurusan : Minatur Rokhim, M.A

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab

 

Ketua Prodi
M. Husni Tamrin, M.A

Sekretaris Prodi
Minatur Rokhim, M.A

 

Status Akreditasi: A (BAN-PT) No SK: 0125/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017

 

========== 

 

SEJARAH SINGKAT PRODI BSA

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang semula bernama Program Studi Sastra Arab (SA) adalah satu dari lima program studi yang ada pada Fakulas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berubahnya nama prodi dari Sastra Arab (SA) menjadi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) berbarengan dengan berubahnya IAIN menjadi UIN pada tahun 2002. BSA sendiri berdiri pada tahun 1960 bertepatan dengan berdirinya Fakultas Adab sekaligus berdirinya IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode Fakultas IAIN al-Jami’ah Yogyakarta (1960-1963) berdasarkan SK Dirjen Bimbaga No. 43 Tahun 1960 Tanggal 9 Agustus 1960 bertepatan dengan 2 Rabi’ul Awal 1380 Hijriyah. Berdasarkan hal tersebut, prodi BSA termasuk prodi tertua di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan mampu bertahan selama 51 tahun secara konsisten.

Pada tahun 2000, prodi BSA mengajukan akreditasi ke BAN-PT dan memperoleh nilai 559 (B) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang tertuang dalam SK No. 008/BAN-PT/AK-IV/VI/2000 Tanggal 16 Juni 2000. Pada tahun 2006, BSA diajukan kembali untuk diakreditasi dan mendapat akreditasi dengan nilai 390 (A) berdasarkan SK No. 003/BAN-PT/AK-IV/V/2006 pada tanggal 18 Mei 2006. Saat ini (2010), BSA kembali mengajukan akreditasi ke BAN-PT.

 

VISI

Menjadi  Program Studi  terkemuka yang berbasis riset, integrasi, dan kontekstualisasi ilmu di Asia Tenggara pada tahun 2020

 

MISI

Sesuai dengan tridarma perguruan tinggi yang mencakup pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabadian pada masyarakat maka misi Prodi BSA adalah melakukan tridharma tersebut melalui perkuliahan, workshop, dan seminar yang diintegrasikan dengan bidang Bahasa dan Sastra Arab.

 

TUJUAN


Prodi BSA bertujuan mencetak alumni yang berakhlak mulia dan memiliki kualitas tinggi dalam bidang bahasa dan sastra Arab.

 

KOMPETENSI LULUSAN

  • Lulusan memiliki kemampuan berdiskusi terkait minatnya, berkomunikasi secara efektif, mengemukakan gagasan dengan jelas, serta memberikan analisis, menggunakan bahasa Arab.
  • Lulusan memiliki kemampuan menulis, menarasikan, dan mempresentasikan topik tertentu menggunakan bahasa Arab terkait sejarah, kebudayaan, sastra, politik, dan tradisi intelektual Islam baik di dunia Arab maupun Nusantara.
  • Lulusan mampu memanfaatkan pengetahuan dan keahliannya di bidang bahasa dan sastra Arab untuk berinteraksi dengan masyarakat dalam berbagai lapisan.

 

==========  

Apa istimewanya Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA)?

Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) bertujuan memberikan pengetahuan yang kokoh di bidang bahasa Arab klasik dan modern, kemampuan berbahasa Arab yang komunikatif, akrab dengan ekspresi bahasa Arab sastrawi, serta memiliki pengetahuan luas, baik terkait sejarah sastra dan kebudayaan Arab, maupun sastra dan kebudayaan Islam Nusantara. Pengantar kuliah banyak menggunakan Bahasa Arab. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk pertukaran pelajar ke universitas-universitas di Timur Tengah.

 

Siapa yang cocok kuliah di BSA?

Siapapun yang yang suka belajar bahasa asing, memiliki minat khusus untuk mengetahui budaya Arab melalui bahasa dan kesusastraannya, serta mengetahui hubungannya yang sangat kuat dengan budaya dan Islam Nusantara.

 

Lulusan BSA bisa bekerja di mana?

  • Menjadi pendidik atau peneliti di bidang bahasa dan sastra Arab;
  • Bekerja di media, bank, kantor diplomat, atau kantor lainnya yang berurusan dengan negara-negara Arab;
  • Bergabung dengan perusahaan, negeri maupun swasta, atau bekerja di organisasi yang berhubungan dengan Timur Tengah;
  • Melanjutkan studi tingkat Magister pengkhususan bidang bahasa dan sastra Arab yang digabungkan dengan pendekatan multidisiplin bidang ilmu lain, seperti kajian budaya, agama, hukum, politik, hubungan internasional, dan lainnya.

 

Struktur Kuliahnya Bagaimana?

  • Perkuliahan diselenggarakan selama 4 (empat) tahun, fokus pada penguatan pembelajaran bahasa Arab dan pengetahuan tentang kebudayaan dan kesusastraan Arab, serta pengetahuan tentang sastra Arab Islam Nusantara.
  • Evaluasi hasil perkuliahan dilakukan melalui ujian tertulis, ujian lisan, dan penulisan karya ilmiah (skripsi).